Cara Instalasi Sensor Cahaya untuk ubah saklar lampu menjadi otomatis dan hemat biaya

Cara Instalasi Sensor Cahaya untuk ubah saklar lampu menjadi otomatis dan hemat biaya
September 25, 2018 pdadmin
In Blog
atomatisasi saklar

Tagihan listrik sering meledak karena lampu yang terus menyala saat anda bepergian karena lupa untuk mematikan saklar? Tak perlu khawatir, kali ini Autonics akan membagikan tips menjadikan saklar lampu anda menjadi otomatis dengan menggunakan sensor cahaya Autonics. Namun sebelum itu, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Sensor cahaya.

Sensor cahaya yang biasanya disebut Light Dependent Resistor atau LDR. Sensor cahaya ini juga memiliki beberapa nama lain seperti foto-resistor, foto-sel, sel foto-konduktif, atau foto-konduktor. Sensor ini merupakan sebuah resistor, dimana resistor ini memiliki besaran resistansi yang dipengaruhi oleh Intensistas cahaya yang masuk menyelimuti permukaannya. Sehingga memungkinkan untuk mengaplikasikannya kedalam saklar untuk menjadi otomatis.

LDR ini sendiri memiliki arus listrik yang dipengaruhi melalui sinar elektromagnet. Dengan kata lain bila ditelisik lebih jauh, prinsip atau cara kerja dari resistor ini adalah dengan emisi foto-elektron atau mudahnya kerap disebut foto listrik. Cara kerjanya pun cukup sederhana. Elektron dari permukaan resistor ini akan terlepas apabila permukaan dari alat tersebut terkena sinar matahari. Sejatinya, resistor ini kerap dipakai untuk melakukan pengukuran kekuatan suatu cahaya pada sebuah kamera atau untuk mengeluarkan suaraa dari proyektor film. Tak hanya sampai disitu, LDR atau resistor ini juga sering digunakan pada solar battery, atau baterai matahari dimana pengaplikasiannya terdapat pada jam tangan ataupun kalkulator dan berfungsi untuk menampung energi dari kumpulan cahaya yang menyinarinya.

Dan sekarang sampailah kita kepada cara instalasinya kedalam saklar lampu. Untuk pemasangan atau instalasinya sendiri sebenarnya cukup sederhana. Karena pada dasarnya hanya ada 3 kabel yang terdapat pada resistor ini, yakni kabel merah yang berfungsi sebagai Load, kemudian ada kabel putih sebagai common atau netral, dan yang terakhir adalah kabel berwarna hitam yang digunakan sebagai Line.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini:

skema instalasi saklar lampu

Keterangan gambar:

  • Pada gambar Arus Listrik PLN sebesar 220 Volt (AC-220 V) terdapat dua buah kabel yakni kabel positif (+) serta Negatif (-).
  • Kemudian, kabel positif (+) tadi dihubungkan ke kabel berwarna hitam dari resistor LDR yang berfungsi sebagai Line
  • Selanjutnya, kabel Negatif (-) kembali dihubungkan dengan kabel berwarna putih dari resistor LDR yang berfungsi sebagai Netral.
  • Dan yang terakhir kabel resistor LDR atau Foto-sel berwarna Putih dan Merah yang berfungsi sebagai common dan Load dihubungkan ke lampu.

Demikianlah tips yang mungkin bermanfaat bagi anda, selamat mencoba.

Untuk mendapatkan sensor autonics, Anda dapat menghubungi kami PDsahabat sebagai distributor resmi autonics Indonesia.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*