Toyota Sebagai Pioner Sistem Otomatisasi Untuk Industri Otomotif Tanah Air

Toyota Sebagai Pioner Sistem Otomatisasi Untuk Industri Otomotif Tanah Air
October 4, 2018 pdadmin
In Blog
Distributor Autonics

Distributor Autonics – Seiring dengan kemajuan teknologi di berbagai bidang, sistem otomatisasi ataupun penggunaan tenaga robot menjadi pilihan bagi kebutuhan berbagai industri di dunia, khususnya di bidang otomotif. Dengan penggunaan sistem otomatisasi tersebut, banyak pihak yang menilai bahwa hal tersebut dapat meningkatkan akurasi, durabilitas, dan bahkan meningkatkan kualitas.

 

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam yang mengatakan bahwa kehadiran sistem otomatisasi dan penggunaan tenaga robot tidak bisa dihindari lagi bagi kebutuhan Industri. Untuk itu, tinggal bagaimana manusia memanfaatkan teknologi tersebut secara tepat dan saling bersinergi.

 

Lebih lanjut Bob mengatakan bahwa sistem otomatisasi industri serta teknologi robotik  seperti milik Autonics dapat dijadikan sebagai salah satu ujung tombak dalam rangka mengoptimalkan sebuah produk.

 

Ketika ditanya mengenai kemungkinan buruk yang akan terjadi pada tenaga kerja manusia, Bob secara tegas menyatakan bahwa tenaga kerja manusia tidak akan tergeser oleh masuknya kemajuan teknologi ini. akan tetapi Bob tetap menghimbau bahwa manusia harus tetap mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki, hingga akhirnya mampu memberikan hasil yang maksimal.

 

Bob juga menambahkan bahwa di Jepang saja yang memang terkenal dengan teknologi robotiknya pada pabrik-pabrik disana, saat ini kembali mempekerjakan manusia sebagai bentuk dari Improvisasi, karena menurut Bob, Robot tidak bisa melakukan Improvisasi untuk meningkatkan produktifitas. Jadi dengan kata lain, tenaga kerja manusia nantinya yang akan memimpin para robot.

 

Sementara itu, Salah satu produsen otomotif raksasa Jepang,  Toyota telah menjalankan proses robotik atau sistem otomatisasi untuk memproduksi model Innova di Indonesia. Sistem otomatisasi tersebut telah berjalan sebesar 24 persen, dan terkonsentrasi kepada proses pengelasan serta pengecatan. Tak hanya sampai disitu, Toyota telah menambah sekitar 80 robot baru untuk pembuatan sebuah frame untuk produk Toyota.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*