Mengenal Lebih Dekat Sistem Otomatisasi Pada kehidupan Sehari-hari

Mengenal Lebih Dekat Sistem Otomatisasi Pada kehidupan Sehari-hari
October 5, 2018 pdadmin
In Blog
Autonics

Pengertian Otomatisasi

Autonics – Secara umum otomatisasi adalah sebuah cara atau proses penggunaan sebuah mesin, sistem kontrol, ataupun sebuah teknologi informasi untuk dapat lebih mengoptimalkan proses produksi, ataupun sistem pengiriman barang dan jasa. Proses Otomatisasi ini pada umumnya dilakukan jika memang dirasa bahwa proses sebelumnya memakan waktu yang cukup lama bila menggunakan tenaga kerja manusia baik berdasarkan faktor kuantitas dan kualitas.

 

Dan bila berbicara mengenai peran otomatisasi dalam dunia Industri, maka dapat dikatakan bahwa konsep Otomatisasi ini merupakan sebuah peningkatan dari konsep yang sebelumnya, yakni mekanisasi. Pada masa mekanisasi, walaupun sudah menggunakan sebuah mesin, namun pada pengaplikasiannya tetap saja membutuhkan  bantuan tenaga otot dari manusia agar mesin tersebut mampu dalam melakukan pekerjaan secara baik. Maka disinilah peran otomatisasi dimulai, yakni untuk semakin meringankan peran pekerja manusia.

 

Sekarang ini, proses Otomatisasi telah umum digunakan oleh kehidupan manusia. Sebut saja seperti operator telepon yang kini telah didominasi oleh mesin, beberapa peralatan kedokteran yang ada, dan berbagai peralatan sehari-hari yang telah menggunakan peran mesin atau robot.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya proses otomatisasi yang digunakan lebih kepada sistem komponen listrik, mekanik, hidrolik, hingga penumatik, yang dirasa cukup mendapatkan hasil yang signifikan bila dibandingkan dengan tenaga manusia.

 

Dan berikut adalah beberapa aplikasi otomatisasi yang biasa ditemukan dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain seperti:

  • Sistem Otomatisasi Yang ada Pada Industri seperti pabrik

 

  • Sistem pengolahan sampah yang lebih terpadu

 

  • Penggunaan otomatisasi pada Jalan raya, yaitu penggunaan electronic toll (E-toll) yang ada di Indonesia

 

  • Penggunaan otomatisasi pada sarana transportasi, yaitu elektronik tiket (E-ticket) pada transportasi umum di Indonesia

 

  • Sistem pembayaran otomatis yang diberlakukan pada restoran ataupun toko-toko lainnya dengan menggunakan layar sentuh

 

  • Sistem otomatisasi on/off pada rumah seperti lampu, pintu, pagar, dan lain-lain

 

  • Sistem otomatisasi dan Sensor seperti sensor panas, sensor x-ray, dan lain-lain yang biasanya digunakan di berbagai tempat seperti bandara, hotel, dan lain-lain.

 

 

Untuk mendapatkan berbagai peralatan otomatisasi, sensor, dan lain-lainnya yang sesuai kebutuhan Anda, langsung saja kunjungi www.PDSahabat.com, selaku distributor Autonics resmi yang menyediakan berbagai peralatan sistem otomatisasi untuk membangun Indonesia lebih baik lagi.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*