Dukung ‘Pabrik Pintar’ Siemens Siap tawarkan produk otomatisasi

Dukung ‘Pabrik Pintar’ Siemens Siap tawarkan produk otomatisasi
October 10, 2018 pdadmin
In Blog
Supreme Kabel

Autonics – Menjelang pertengahan tahun 2017 ini, ternyata Industri global telah memasuki sebuah era baru dibidang digitalisasi, atau yang lebih dikenal dengan industry 4.0. Dimana sesuai konsepnya, segala hal dan kegiatan didalam sebuah pabrik akan berdasarkan sistem digital seperti analisis big data, sistem cloud computing, hingga perpaduan antara sumber daya manusia dan mesin. Inilah yang lambat laun akan mendasari terciptanya sebuah pabrik pintar.

 

Untuk  itu, demi mendukung terciptanya dunia industry secara digital maka Siemens Indonesia telah meluncurkan sebuah produk sistem otomatisasi terbarunya yang diberi nama SIMATIC IOT2040. Nantinya, produk ini akan berfungsi sebagai pengumpul data, konversi data, hingga pengiriman data yang ada di lingkungan pabrik.

 

Melalui penggunakan SIMATIC terbaru ini, maka kegiatan yang ada di pabrik akan terasa lebih efisien dan lebih tepat sasaran. Ini pula yang diharapkan oleh Siemens, dimana SIMATIC IOT2040 ini bisa menjadi solusi utama masalah industi demi meningkatkan sebuah interkonensi serta proses komunikasi data di area pabrik.

 

Efraim Mayer, selaku Sales Specialist Factory Automation PT Siemens Indonesia mengatakan bahwa pihaknya optimis bahwa Siemens bisa menjadi salah satu pelopor untuk menciptakan sebuah intelligent gateway yang dapat mempermudah segala macam bentuk kegiatan pada sebuah pabrik

 

 

“Alat ini menjadi jembatan atau gateway pengumpulan data dari sistem level otomasi ke level IT atau management level. Perannya sebagai penghubung bisa digunakan untuk komunikasi dua arah, sekaligus mengirimkan data yang sudah dianalisis dari computing cloud ke bagian kendali produksi,” Tandasnya.

 

 

Selain itu, Efraim juga menjelaskan beberapa contoh aplikasi yang bisa di integrasikan dengan menggunakan produknya, antara lain seperti sistem komunikasi antara level otomatisasi – level IT. Kemudian adalah sistem prediktif maintenance untuk mesin-mesin pabrik. Dan yang terakhur adalah sistem otomatisasi laporan menuju level manajemen, sehingga semuanya bisa dilakukan secara cepat dan lebih terstruktur.

 

“Dengan inovasi ini, kami membantu industri untuk bisa lebih efisien dalam setiap aktivitas produksinya,” tuturnya. “SIMATIC IOT2040 ini cukup standar, jadi komunikasinya standar dan cara pemrogramannya pun standar. Bisa menggunakan Java program atau Cplusplus (C++) juga bisa.” Tutup Efraim

 

 

 

Selain informasi sistem otomatisasi pabrik diatas, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya tentang industri global maupun dalam negeri, hanya di PDSahabat.com selaku distributor Autonics dan supplier kabel berkualitas seperti Federal Kabel dan Supreme Kabel di Indonesia.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*