Ingin Bangun Rumah? Perhatikan Dulu Kabel Listriknya Yang Cocok

Ingin Bangun Rumah? Perhatikan Dulu Kabel Listriknya Yang Cocok
October 10, 2018 pdadmin
In Blog
Federal Kabel

Autonics– Tentu, kabel listrik memiliki peran yang sangat penting untuk masalah kelistrikan dari tiap rumah yang ada. Karena kabel listrik merupakan media penyalur energy yang dihasilkan dari PLN. Untuk itu, bila ingin atau sedang membangun sebuah rumah, pemilihan kabel listrik yang tepat harus Anda perhatikan agar tidak terjadi pemborosan tagihan listrik, ataupun masalah korsleting yang dapat berakibat fatal

 

 

Berdasarkan informasi diatas, maka kabel listrik yang cocok untuk dipasang di rumah baru dapat dibagi menjadi tiga kategori, antara lain seperti kabel listrik bertegangan rendah, kabel istrik bertegangan menengah, dan kabel listrik bertegangan tinggi. Sementara bila dilihat dari jenis kabelnya, dapat dibagi menjadi 3 kategori lagi yaitu kabel NYA, kabel NYM, serta kabel NYY.

 

1.Kabel NYA

Bagi anda yang belum mengetahui, kabel NYA adalah sebuah kabel yang memiliki I nti tunggal serta isolator kabel yang berbahan PVC. Inilah mengapa kabel NYA menjadi salah satu kabel yang sangat sering digunakan pada tiap instalasi rumah dengan menggunakan merk kabel berkualitas seperti Federal Kabel ataupun Supreme Kabel.

 

Namun sayangnya, kabel NYA ini hanya memiliki satu lapisan isolasi saja, ini lah yang menyebabkan kabel jenis ini rawan terkena cacat, digigit tikut ataupun sensitif terhadap air. Untuk itu, Anda dituntut agar memberikan pengamanan berlebih seperti menggunakan pipa maupun conduit PVC.

 

2. Kabel NYM

Bila tadi kabel NYA memiliki satu inti yang sangat sensitive, maka pada kabel NYM ada lebih dari satu inti bisa 2 ataupun 4.  Dan tentunya tingkat keamanan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kabel NYA.

Namun  sayangnya harga kabel ini bisa dikatakan lebih mahal bila dibandingkan kabel NYA. Sementara untuk pengaplikasiannya dirumah, biasanya kabel NYM ini akan dipasang di berbagai tempat yang dekat dengan air, ataupun outdoor, ataupun bisa ditanam.

 

 3. Kabel NYY

Kabel NYY merupakan kabel yang memiliki tingkat kemanan yang paling tinggi bila dibandingkan dengan dua sebelumnya. Karena kabel NYY memiliki ukuran serta lapisan isolasi yang lebih besar, lebih tebal, dan lebih kuat. Inilah yang mengakibatkan kabel NYY kerap dipasang di dalam tembok ataupun di bawah tanah seperti pada kabel merk Supreme Kabel ataupunFederal Kabel. Dengan kualitas kabel NYY yang melebihi dua kabel sebelumnya, maka tak heran bila kabel NYY ini lebih mahal di bandingkan kabel lainnya.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*