Revolusi Industri Dunia Ke-empat Hantui Pekerja Pabrik Indonesia, Benarkah?

Revolusi Industri Dunia Ke-empat Hantui Pekerja Pabrik Indonesia, Benarkah?
October 10, 2018 pdadmin
In Blog
Distribusi Autonics

Autonics – Bagi Anda yang masih belum mengetahui, ternyata saat ini Dunia sedang mengalami pasa pergeseran industri, dan sedang memasuki tahap revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia untuk yang ke empat kalinya. Pada revolusi industri yang ke-empat ini, para pelaku industri diseluruh dunia dituntut untuk melakukan perubahan cara dan proses manufaktur selama ini.

 

Bagaimana cara mengubahnya, salah satunya adalah dengan mengintegrasikan setiap rantai produksi yang ada dengan sistem yang berbasis online serta berbagai sistem modern lainnya seperti penggunaan robotik, dan lain sebagainya.

 

Dengan adanya revolusi industri ke empat ini, para pemilik serta pelaku industri untuk dapat memenuhi kebutuhan akan peralatan yang canggih, demi melakukan proses produksi pabrik yang lebih efisien. Akan tetapi, dengan penggunaaan berbagai macam sistem otomatisasi robotik dan berbasis online ini, apakah akan serta merta menggantikan peran manusia sebagai sumber daya?

 

Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, dengan adanya revolusi dan sistem otomatisasi industri tersebut, tidak serta merta dapat menggantikan peran pekerja manusia, dan tidak akan berpengaruh secara signifikan, bahkan industri justru tetap akan menambah pekerja mereka sebagai juru kendali berbagai mesin tersebut.

 

“Ini semua tidak secara keseluruhan  mengurangi tenaga kerja. Misalnya industri makanan, untuk packaging-nya, untuk operasinya itu masih membutuhkan tenaga kerja yang besar,” Ujar Airlangga,

 

Lebih lanjut Airlangga mencontohkan bahwa khusus di industri produksi makanan, tekstik, serta garmen, penggunaan mesin tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi, karena membutuhkan banyak tenaga manusia untuk pengerjaan yang tidak bisa disesuaikan dengan selera, ataupun yang menuntut ketelitian manusia.

 

“Kalau industri berbasis pada food processing itu tenaga kerjanya banyak. Industri berbasis tekstil dan germen tenaga kerjanya banyak. Industri alas kaki tenaga kerjanya banyak. Kalau industri semen, pupuk tenaga kerjanya sedikit modalnya makin besar,” tambah Airlangga.

 

Era industri 4.0 ini adalah era penggunaan teknologi dan permesinan dalam industri manufaktur. Sebagai bagian untuk menyediakan rantai pasokan, penggunaan teknologi modern diperlukan untuk mempercepat produksi. Karena industri dituntut untuk efisien, lebih efektif, dan memiliki teknologi ramah lingkungan.

 

Sebagaimana diketahui bahwa, pada era industri ke-empat ini, merupakan masa dimana robot, teknologi otomatisasi mulai menjadi senjata utama para pelaku industri dunia. Karena dinilai lebih efektif untuk mempercepat produksi, lebih efisien, dan pastinya lebih ramah lingkungan.

 

 

 

Salah satu yang menyediakan berbagai peralatan otomatisasi industri adalah Autonics, yang bisa didapatkan di PDSahabat, selaku distributor Autonicsresmi di Indonesia. selain itu, PDSahabat juga menyediakan berbagai kabel berkualitas untuk kebutuhan kelistrikan serta jaringan seperti federal kabelsupreme kabel, dan lain-lain.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*