Ternyata Kabel Jaringan Untuk Internet Di Seluruh Dunia, Sepanjang ini..

Ternyata Kabel Jaringan Untuk Internet Di Seluruh Dunia, Sepanjang ini..
October 10, 2018 pdadmin
In Blog
Federal Kabel

Supreme Kabel  – Di masa sekarang ini, tentu Anda dapat dengan mudah menikmati yang namanya internet, melalui jaringan yang tersedia di seluruh dunia. Akan tetapi, pernahkah Anda membayangkan  seberapa panjang kabel yang dibutuhkan, dan yang ditanam di dalam lautan untuk menguhubungkan informasi melalui apa yang disebut sebagai internet. Dan jawabannya, ternyata kabel-kabel tersebut memiliki panjang hingga ratusan ribu kilometer yang berada di kedalaman laut di seluruh dunia.

 

Seperti yang dilansir dari laman Business Insider yang menyatakan bahwa total panjang kabel jaringan internet yang ada diseluruh dunia sekitar 885 ribu kilometer, dan berada di kedalaman 8 ribu meter di bawah permukaan laut, serta memiliki tebal kabel tak kurang dari 8 cm.

 

Menurut sejarah, sebenarnya konsep penghubung jaringan menggunakan kabel bawah laut ini sudah tercetus sejak tahun 1850. Hingga akhirnya di masa sekarang ini, kabel-kabel tersebut telah berhasil menghubungkan antara pulau bahkan benua yang ada di seluruh dunia.

 

Dan dari data tersebut, diperoleh catatan bahwa kabel yang terpanjang menghubungkankan antara jerman dan korea dengan total panjang sekitar 40 ribu kilometer. Dan tentunya proses menghubungkan ini kabel antar benua ini bukan tanpa halangan, tapi justru memiliki biaya operasional yang besar dan resiko yang sangat tinggi.

 

Salah satu yang menjadi halangan pemasangan kabel tersebut adalah adanya terumbu karang yang berada di dalam laut.  Tentunya dengan banyaknya terumbu karang tersebut, harus diperhatikan pula keamanan dan penempatan kabel yang tepat sehingga juga tidak akan merusak habitat ikan yang berada diwilayah pemasangan kabel, serta tidak mengganggu ekosistem yang telah ada.

 

Dan yang terakhir, pemasangan kabel tersebut juga harus memperhatikan dan mengikuti pola aktivitas seismik yang ada di laut. Ini dikarenakan berbagai gempa bawah laut yang kerap terjadi juga dapat mempengaruhi jaringan Internet yang ada. Jadi dengan kata lain, kabel yang ditanam harus dilindungi oleh pasir yang ada di bawah laut sehingga dapat terhindar dari berbagai gangguan.

 

Dapatkan juga berbagai artikel menarik lainnya mengenai kelistrikan dan sistem otomatisasi hanya di PDSahabat.com sebagai distributor Autonicsresmi, dan kabel berkualitas seperti supreme kabel dan Federal Kabel.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*