Inilah 3 Tips mudah dan aman untuk membungkus sambungan listrik dan kabel perumahan

Inilah 3 Tips mudah dan aman untuk membungkus sambungan listrik dan kabel perumahan
September 25, 2018 pdadmin
In Blog
Tips kabel listrik tetap aman

Pemasangan atau instalasi kabel, dinilah 3 Tips mudah dan aman untuk membungkus sambungan listrik dan kabel perumahan. Rumah biasanya sering kali mengalami berbagai masalah setelah beberapa tahun bila tidak dipasang sesuai prosedur ataupun tidak dipasang oleh teknisi yang ahli dan berlisensi. Apalagi bila kualitas kabel yang digunakan tidak seperti Federal Kabel ataupun Supreme Kabel yang memang sudah berlisensi.  Untuk menanggulangi hal tersebut, ada baiknya anda memahami sedikit  cara membungkus sambungan kabel agar tetap aman dalam masa pemasangannya.

Membungkus kabel, menyambung, serta memasang isolasi pada dasarnya sangat perlu digunakan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti hubungan arus pendek (korsleting), akan tetapi seiringnya waktu, isolasi yang membungkus kabel tersebut akan memuai dan mengalami perubahan akibat perubahan cuaca secara terus menerus.

Seiring waktu, isolasi yang digunakan untuk mengamankan kabel listrik tersebut akan berkurang daya rekatnya, kemudian lumer, dan akhirnya terbuka kembali. Bila hal seperti itu terjadi, maka jaringan listrik akan terbuka dan sangat berbahaya bagi pemilik rumah. Untuk itu, kali ini PDsahabat akan berbagi sedikit tips yang cukup ampuh mengenai cara membungkus sambungan kabel  rumah maupun berbagai sambungan  instalasi kabel dan kelistrikan lainnya.

Menggunakan panjang yang berbeda.

Untuk teknik atau cara yang paling dasar adalah dengan cara tidak meletakkan semua sambungan kabel pada posisi yang sejajar dan berdampingan.  Sangat dianjurkan bagi anda agar menggunting kabel dengan panjang yang berbeda. hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kontak atau pertemuan antara ujung-ujung kabel, sehingga secara teknis, tanpa dibungkus pun kabel tersebut tidak akan mampu menyebabkan hubungan singkat atau arus pendek. Buatlah jarak setidaknya 5 cm kepada setiap kabel yang akan disambung. Dalam hal ini, teknisi pemasangan juga harus selalu diingatkan agar tetap mengisolasi khusus listrik, sebagai bentuk pencegahan tambahan.

Baca Juga  Terkait Revolusi Industi, Jokowi Tegaskan Keunikan Industri Indonesia

Penggunaan Heatsrink Kabel atau selongsong

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, salah satu yang menjadi kelemahan isolasi pada kabel kelistrikan adalah kualitas perekatnya yang semakin lama semakin berkurang seiring dengan usia, dan perubahan cuaca. Karena akibat cuacanya yang berubah-ubah bahan perekat isolasi tersebut akan semakin memudar.  Untuk itu dianjurkan juga menggunakan sebuah selongsong susut yang memiliki kemampuan untuk menyusut ketika terkena paparan panas matahari. Untuk pemasangannya, selongsong tersebut bisa dipasang didalam maupun diluar isolasi pada kabel.

Pemilihan kabel yang sesuai.

Pemilihan kabel yang sesuai juga harus menjadi bahan pertimbangan anda. Sebagai contoh, untuk instalasi didalam ruangan pilihlah kabel NYM yang memang didesain untuk didalam ruangan, atau sebaliknya pilihlah  kabel NYY bila ingin melakukan instalasi listrik diluar ruangan. Anda juga dianjurkan memilih kabel yang berkualitas dan sudah teruji seperti Federal Kabel, ataupun Supreme Kabel.

Selain Federal Kabel dan Supreme Kabel  anda juga bisa mendapatkan berbagai produk kelistrikan dan Industri lainnya dengan kualitas terbaik hanya di PDsahabat.com