Proyek Infrastruktur Telekomunikasi Palapa Ring, Tanamkan Kabel Fiber Optik Di Sepanjang Indonesia

Proyek Infrastruktur Telekomunikasi Palapa Ring, Tanamkan Kabel Fiber Optik Di Sepanjang Indonesia
September 25, 2018 pdadmin
In Blog
kabel listrik fiber optik

Federal  Kabel – Indonesia terus mengejar ketertinggalannya dalam hal infrastruktur di sektor telekomunikasi. Berbagai proyek pembangunan pun tengah dikebut oleh Pemerintah Indonesia, salah satunya adalah proyek pembangunan Palapa Ring yang terdiri dari tiga wilayah pembangunan yaitu Paket barat, paket tengah, hingga paket timur.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatikan Rudiantara, yang menyatakan bahwa ketiga proyek pembangunan infrastruktur tersebut dikebut dengan menggunakan skema pendanaan yang sama. Yaitu melalui sebuah kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), melalui pembiayaan ketersediaan layanan atau availability payment, yang digagas oleh Kementerian Keuangan serta Universal Service Obligation (USO)

Rudiantara juga menambahkan bahwa pembangunan ini diharapkan akan menjadi sebuah contoh nyata bagi pembangunan infrastruktur di sektor lainnya. walaupun memiliki anggaran yang kecil, akan tetapi target pencapaian dari proyek ini nantinya dapat dijadikan acuan bagi pembangunan infrastruktur lainnya.

Rudiantara pun menjelaskan tentang proses berjalannya proyek ini, berawal dari proses tender, hingga pemilihan tenaga ahli berpengalaman serta kabel-kabel berkualitas yang mampu menjangkau seluruh negeri untuk urusan telekomunikasi. Dalam proyek Palapa Ring tersebut, terdapat tiga paket wilayah pembangunan. Yang pertama adalah paket barat, dimana mencakup wilayah Riau, dan Kepulauan Riau (hingga natuna). Dimana proses pembangunan proyek tersebut menggunakan kabel fiber optik berkualitas  seperti Federal Kabel ataupun Supreme Kabel yang terbentang sejauh 2.000 km.

Sementara itu, untuk paket wilayah tengah mencakup Kalimantan, Sulawesi, hingga Maluku Utara (sampai menuju Sangihe-Talaud) dimana menggunakan kabel fiber optik yang terbentang sejauh 2.700 km. dan yang terakhir adalah paket untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, hingga menuju pedalaman Papua, dengan menggunakan kabel fiber optik yang terbentang sejau 6.300 km.

Baca Juga  Berbagai Faktor Penyebab Timbulnya Gangguan pada Sistem Tenaga Listrik

Pemilihan kabel fiber optik yang tepat akan mendukung  proses realisasi proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang merata di Indonesia. PDSahabat yang merupakan salah satu perusahaan yang mendukung terciptanya infrastruktur telekomunikasi yang merata di seluruh Indonesia dengan menyediakan berbagai produk kabel berkualitas seperti Federal kabel atau Supreme Kabel hanya di PDSahabat.com