Penggunaan Sarung Tangan Robot Pada Pabrik Otomotif

Penggunaan Sarung Tangan Robot Pada Pabrik Otomotif
September 26, 2018 pdadmin
In Blog
teknologi sensor autonics

Distributor Autonics – Penggunaan Robot  dan mesin pada  pabrik tentunya sangat mempermudah proses pekerjaan menjadi lebih efisien. Dengan adanya tenaga robot atau mesin, maka lamaproses produksi dari suatu pabrik mampu dipercepat hingga setengahnya. Namun, apakah dengan adanya penggunaan mesin ataupun robot akan mengurangi lapangan kerja  bagi buruh atau karyawan pabrik? jawabannya tidak sepenuhnya benar.

Seperti yang terlihat pada perusahaan General Motors (GM) yang justru menggabungkan karyawan pabrik otomotifnya dengan penggunaan sarung tangan robot. Menurut perusahaan tersebut, dengan menggabungkan dua elemen tersebut justru semakin menambah efektifitas dalam bekerja.

Untuk sarung tangan robot itu sendiri, Perusahaan GM mengaku telah mengantongi lisensi dari RoboGlove technology, dimana sarung tangan ini sejatinya di untukkan bagi Swedish medical technology company, dengan nama Bioservo Technologies. Perusahaan GM menyatakan bahwa penggunaan sarung tangan robot tersebut berguna untuk mengurangi kelelahan bagi karyawannya.

Perusahaan GM sebelumnya sudah melakukan kerja sama dengan NAsA untuk melakukan riset dan mengembangkan RoboGlove pertama selama kurang lebih 9 tahun. Bila melirik kebelakang, ternyata penggunaan RoboGlove untuk Industri sendiri sudah pernah dilakukan oleh salah satu manufaktur ternama, akan tetapi programnya dihentikan begitu saja.

Untuk saat ini, perusahaan pembuat sarung tangan robot tersebut berencana akan meggaet Soft Extra Muscle (SEM) untuk menjadikan sebuah sarung tangan robot yang sempurna untuk keperluan Industri.

Perusahaan GM sendiri mengaku ingin menjadi yang pertama di Amerika untuk menguji sarung tangan robot tersebut, untuk meyakinkan apakah memang sarung tangan robot tersebut pantas untuk digunakan dalam hal Industri.

tak jauh berbeda dengan Stepper Motor milik Autonics, penggunakan sarung tangan robot ini juga menggunakan sistem pulse dan mampu mengurangi jumlah gaya saat seorang karyawan pabrik tengah mengoperasikan alat pabrik dalam jangka waktu yang panjang. Akan tetapi, pihak GM sendiri belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut mengenai sistem penggunaan lebih lanjut mengenai sarung tangan robot ini.

Baca Juga  Di China, Pekerja Pabrik Perlahan Diganti Dengan Sistem Otomatis Dan Robot