Memahami Warna Kabel Yang Sesuai Standart PLN

Memahami Warna Kabel Yang Sesuai Standart PLN
September 27, 2018 pdadmin
In Blog
federal kabel pd sahabat

Berdasarkan standart dan peraturan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) setiap kabel yang akan akan dilakukan pemasangan pada rumah, harus memperhatikan setiap warna serta ukuran yang sesuai kapasitas.  Hal ini berguna untuk menjaga keamanan dan untuk menjaga pemeliharaan arus listrik, untuk itu sangat disarankan mempergunakan kabel yang sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan serta selalu pergunakan kabel yang berkualitas seperti Federal Kabel dan Supreme Kabel.

 

Warna Kabel Standart PLN

Berdasarkan pemilihan warna yang telah disepakati dan telah dtentukukan, maka proses untuk instalasi perangkat listrik akan menjadi jauh lebih mudah. Hingga saat ini ada beberapa warna dasar yang sering dijumapi di setiap toko toko kelistrikan, yakni:

Hitam

Biru

Merah

Kuning

Hijau

-Untuk kabel yang berwarna merah dan kuning, biasanya digunakan untuk mengantarkan listrik satu fasa. Untuk penanganannya pun harus lebih teliti dan hati-hati karena kedua kabel ini akan dialiri listrik langsung dari PLN.

-untuk kabel hitam, biasanya digunakan untuk mengantarkan listrik dalam dua pahese, untuk kabel fasa ke 3. Sementara kabel biru biasanya digunakan sebagai kabel yang netral.

-sebagai arde atau ground. Untuk kabel berwarna hijau strip seperti ini biasanya banyak ditemukan pada kabel berjenis NYA, NYM, dan NYY.

Teknik melakukan cek ketepatan pada warna kabel.

-Banyak terjadi kasus pemasangan kabel yang tidak sesuai dengan standart yang diberikan oleh PLN, oleh teknisi yang kurang berpengalaman dan tidak melalui rekanan langsung dari pihak PLN. Sebenarnya ini sangat membahayakan bagi sang pemilik rumah maupun yang lainnya. Untuk itu ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan rutin untuk menjaga keamanan. Dan selalu matikan MCB saat sedang memeriksa instalasi.

Baca Juga  Revolusi Industri Dunia Ke-empat Hantui Pekerja Pabrik Indonesia, Benarkah?

-Akan tetapi, bila terpaksa harus ada yang diperbaiki, maka sangat dianjurkan selalu menggunakan testpen yang berguna untuk mencari tahu mana warna konduktor yang memang untuk aliran listrik atau untuk ground, sehingga mengurangi resiko kesalahan memasang yang mengakibatkan korsleting.

-anda bisa menggunakan jenis kabel listrik yang lebih besar yang berguna sebagai persiapan penambahan daya nantinya, sehingga anda tidak perlu melakukan penggantian kabel instalasi secara keseluruhan saat hendak menambah daya.

-pergunakan kabel yang memang berkualitas dan telah terpercaya seperti  Federal Kabel dan Supreme kabel  yang memang sudah teruji.

Demikianlah beberapa tips yang bisa PDSahabat bagikan mengenai pemahaman mengenai arti warna kabel. Bila anda ingin membangun rumah, sangat disarankan untuk selalu mengikuti standart PLN dalam pemasangan kabel, sehingga tidak menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari.