Mengenal Berbagai Jenis Sensor Temperatur / Suhu

Mengenal Berbagai Jenis Sensor Temperatur / Suhu
September 28, 2018 pdadmin
In Blog
sensor autonics temperatur

Distributor Autonics – Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa sensor temperature ataupun sensor suhu adalah sebuah alat untuk mendeteksi perubahan panas pada suatu ruangan ataupun dimensi benda. Dan umumnya sensor suhu ini digunakan pada pabrik yang membutuhkan sistem kontrol suhu ruangan secara otomati, dan Autonics menjadi salah satu produk  yang paling banyak digunakan.  untuk mengetahui lebih jelas mengenai sensor suhu ini, mari kita simak beberapa jenis sensor suhu / temperatur yang ada.

 

Thermocouple (Sensor Suhu)

Bila dilihat dari segi instalasinya, Thermocouple/termokopel ini memiliki dua buah jenis kawat logam sebagai konduktor yang saling tergabung di ujungnya. Nantinya, bila terjadi perubahan suhu  antara ujung masing-masing pengukuran serta ujung kedua kawat konduktor, hal ini akan memberikan tegangan listrik dan berakhir pada efek termo elektrik. Thermocouple ini mampu mengukur temperatur suhu dalam jarak jangkauan yang cukup luas.

Resistance Temperature Detector  (Sensor RTD)

Sensor RTD mengacu kepada prinsip adanya perubahan resistansi dari proses perubahan suhu di sekitar. Dengan kata lain, pada saat suhu meningkat, maka kemudian resistansi elemen RTD juga turut meningkat. sensor RTD dari Autonics  sendiri merupakan sensor suhu yang paling sering digunakan dalam kebutuhan Industri.

Thermistor  (Sensor Termistor)

Thermistor merupakan kependekan dari thermally sensitive resistor, dimana sensor suhu jenis ini terdiri dari beberapa komponen semikonduktor yang memiliki resistansi dan berpengaruh terhadap perubahan suhu. Thermistor ini sendiri sudah terbagi menjadi dua, yaitu

-PTC (Positive Temperature Coefficient), dimana nilai resistansi akan meningkat bila suhu naik

-NTC (Negative Temperature Coefficient), dimana nilai resistansi akan menurun bila suhu naik

Sensor infrared pyrometer

Secara singkat, sensor ini mampu mendeteksi, maupun mengukur perubahan suhu dari jarak yang cukup jauh tanpa harus melakukan kontak secara langsung dengan suatu objek yang hendak diukur. Prinsip kerjanya dengan menggunakan sebuah cahaya infra merah sebagai pengukur radiasi panas suatu benda.

Baca Juga  Dukung Penggunaan SNI pada Industri Kabel Indonesia

IC temperature sensor (Sensor suhu IC)

Sensor suhu IC bekerja berdasarkan sesuai sifat ataupun perilaku dari PN Junction Silikon. Apabila tegangan maju, maka PN Junction menjadi menurun, namun suhu akan meningkat. Dengan kata lain, sensor IC memiliki sebuah sinyal yang berbanding lurus antara tegangan arus dengan suhu dan temperatur.

Sensor Bimetal

Karena cara kerjanya yang cukup sederhana, maka sensor Bimetal ini juga menjadi salah satu sensor yang sangat umum  untuk digunakan. Sebagai contoh, sensor jenis ini dapat dijumpai di berbagai alat rumah tangga seperti setrika.  Sensor Bimetal terdiri dari dua buah lempengan logam dengan koefesien muai yang berbeda namun direkatkan menjadi satu rangkaian.

Demikian jenis sensor untuk temperature / suhu. Jika Anda membutuhkan jenis sensor autonics, Anda bisa langsung membelinya di distributor resmi autonics agar terjamin kualitas dan keasliannya.