Mengenal Stop Kontak Pada Kehidupan Sehari-Hari

Mengenal Stop Kontak Pada Kehidupan Sehari-Hari
September 28, 2018 pdadmin
In Blog
aman kabel listrik dengan stop kontak

Federal Kabel – Tentunya anda pernah mencari-cari dimana stop kontak ketika handphone yang anda miliki sudah mulai lowbat, dan dalam sehari, anda mungkin dapat berinteraksi dengan benda kelistrikan ini secara sering dimanapun anda berada. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa penggunaan Stop Kontak ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia di masa sekarang yang sangat membutuhkan listrik.

Stop kontak sendiri sebenarnya adalah suatu alat yang berbentuk kotak dan merupakan sumber daya tegangan listrik siap pakai bagi manusia. Stop kontak juga memiliki beberapa jenis dan bentuk. Berdasarkan fungsinya, stop kontak dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu stop kontak biasa, stop kontak hubungan tanah, dan stop kontak tahan air. Sementara dari segi pemasangan, stop kontak ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu stop kontak yang pemasangannya didalam dinding, ataupun stop kontak yang berada di permukaan dinding.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa berdasarkan tempat pemasangannya, stop kontak dibagi menjadi dua jenis, antara lain:

  1. Stop kontak in bow, jenis stop kontak yang terpasang didalam tembok denga
  2. Stop kontak out bow, merupakan jenis stop kontak yang terpasang di luar tembok, dan bisa juga bersifat portable yang bisa diletakkan dimana saja.

Bila bicara soal instalasi, sepertinya pemasangan dari benda kecil ini tidak terlalu merepotkan dan malah terbilang sederhana. Caranya, anda hanya perlu melakukan sedikit penyisipan diantara peralatan listrik di rumah anda dengan sumber listriknya melalui kabel berkualitas seperti Federal kabel ataupun Supreme Kabel. Baik kabel plus maupun netral dilewati oleh stop kontak hingga menuju titik yang terlindungi. Ketika anda mencolokkan steker pada stop kontak, maka saat itulah aliran listrik akan terbuka saat ujung steker menyentuh stop kontak.

Baca Juga  Indonesia Harus Miliki Banyak Sistem Otomatisasi Untuk Pabrik Komponen Elektronik

 

Sementara itu, berdasarkan fungsi kerjanya  stop kontak dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Stop kontak kecil, merupakan stop kontak yang memiliki dua lubang sebagai penyalur listrik dengan daya rendah. Stop kontak ini yang paling umum di gunakan di rumah-rumah untuk disalurkan ke peralatan listrik.
  2. Stop kontak besar, stop kontak ini dilengkapi dengan lubang AC serta lempeng logam yang berada di atas dan bawah kanal AC sebagai ground