Penggunaan Proximity Sensor Pada Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan Proximity Sensor Pada Kehidupan Sehari-hari
September 28, 2018 pdadmin
In Blog
sensor autonics membuat mudah

Pada beberapa Industri pabrik yang menggunakan sensor, umumnya akan menggunakan sebuah sistem sensor yang bernama Proximty sensor Autonics. Apakah yang dimaksud dengan proximity sensor?

Berdasarkan penggunaannya, Proximity sensor merupakan sebuah sistem sensor yang mampu mendeteksi keberadaan dari sebuah logam ataupun benda padat lainnya tanpa harus menggunakan sebuah gerakan atau kontak fisik.

Proximity Sensor sendiri memiliki 3 jenis sensor sesuai dengan kebutuhan, antara lain:

Proximity Inductive

Proximity Inductive merupakan sebuah sensor yang digunakan untuk mendeteksi adanya logam. Sensor Proximity Inductive ini akan bekerja apabila ada tegangan sumber, dan kemudian osilator yang terdapat pada sensor akan membangkitkan sebuah medan magnet dengan frekuensi yang tinggi. Melalui proses ini, maka apabila terdapat sebuah benda dengan bahan logam yang melintas ataupun terdeteksi oleh permukaan sensor, maka medan magnet yang dihasilkan akan berubah. perubahan Pada saat inilah yang akan membuat sensor akan memberikan sebuah sinyal atau tanda. Sebagai contoh penggunaan sensor Proximity Inductive milik Autonics yang paling umum adalah penggunaan metal detector di Bandara.

Proximity Capacitive

Sedikit berbeda dengan Proximity Inductive, tipe sensor Proximity kali ini lebih mampu mendeteksi logam maupun non logam dengan cara mengukur adanya perubahan dari sebuah kapasitansi medan listrik dari sebuah kapasitor. Penggunaa sensor ini biasanya dipakai pada bagian belakang mobil untuk memudahkan posisi parkir sebuah kendaraan.

Proximity Optik Sensor

Sensor Proximity Optik, atau menggunakan cahaya merupakan salah satu jenis sensor yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Prinsip kerjanya dengan mendeteksi sebuah benda dari pantulan cahaya (refleksi). Bila terdapat benda yang berjarak amat dekat dengan sensor ataupun sudah mengenai sensor, maka cahaya yang terdapat pada sensor tersebut akan memantul kembali kepada penerima, sehingga penerima (receptor) akan menangkap sinyal tersebut sebagai tanda bahwa ada sesuatu yang melewati sensor. Salah satu penggunaan sensor proximity Optik ini yang paling dekat dengan keseharian adalah pada penggunaan layar sentuh pada ponsel.

Baca Juga  Pintu Pintar Dan Otomatis, Untuk Jebak Maling Buatan Anak Indonesia

Saat ini penggunaan Sensor proximity milik Autonics sudah mendukung berbagai Industri di Indonesia dalam hal kemudahan pekerjaan. Untuk itu, anda bisa mendapatkan sensor Autonics pilihan terbaik hanya di PDsahabat.com yang menjadi distributor Autonics resmi di Indonesia. dapatkan juga berbagai produk kelistrikan seperti Federal Kabel ataupun Kabel Supreme hanya di PDSahabat.com