Inilah Cara Gampang Menghemat Pulsa Listrik Anda!

Inilah Cara Gampang Menghemat Pulsa Listrik Anda!
October 3, 2018 pdadmin
In Blog
Distributor kabel listrik aman

Federal kabel – Bagi sebagian  pemilik rumah yang menggunakan listrik dalam bentuk pulsa (token) pastinya paham dengan pemakaian listrik yang harus dikeluarkan selama per bulannya. Akan tetapi, masih saja banyak pemilik rumah atau kontrakan yang tetap mengalami biaya listrik yang membengkak. Lantas bagaimana mengantisipasi terjadinya pembengkakan tagihan listrik tersebut? Apalagi tarif dasar listrik (TDL) saat ini terus mengalami kenaikan.

 

Untuk diketahui, secara teknis ketika anda membeli pulsa atau token listrik, anda akan dikenakan biaya tambahan seperti biaya administrasi sebesar Rp.1300 hingga Rp.1600 tiap transaksinya. Selain itu juga ada biaya untuk Pajak Penerangan Jalan (PPJ) 10 %, kemudian juga ada pajak pertambahan nilai (PPN) 10% serta tambahan potongan bea materai untuk pembelian pulsa listrik sebesar Rp.300. sehingga akan memotong jumlah Kwh yang anda dapat dari jumlah keseluruhan yang anda bayar.

 

Dan dari semua potongan tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghemat penggunaan pulsa listrik di rumah anda, antara lain:

 

1.Memilih daya listrik sesuai kemampuan

Beda daya listrik, beda harga per kWh listriknya. Sejauh ini pemerintah membagi beberapa golongan yang termasuk kategori subsidi listrik, yaitu untuk golongan daya listrik sebesar 450 VA dan 900 VA yang ditujukan khusus bagi masyarakat kurang mampu. Artinya dalam setiap pembelian listrik dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA akan mendapatkan kWh lebih banyak bila dibandingkan dengan golongan non subsidi seperti 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA dan lain-lain.  Maka itu, anda harus pertimbangkan baik-baik brapa banyak daya listrik yang anda butuhkan seharinya. Jika pemakaian anda hanya sedikit, namun memiliki daya yang besar, maka anda dapat meminta menurunkan daya tersebut ke kantor PLN terdekat.

Baca Juga  Mengenal Sensor Efek-Hall Untuk Kebutuhan Industri Pabrik

 

2. Mulailah menggunakan lampu LED

Dengan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode), anda dapat mendapatkan pencahayan yang lebih terang, namun tetap hemat energi dan tidak cepat panas, serta tahan lama. Jadi dengan kata lain, walaupun daya listrik yang anda miliki tergolong rendah, namun lampu LED tetap bisa memberikan pencahayaan yang baik, dan tentunya dapat menghemat pengeluaran listrik anda.

 

3. Bila ingin menggunakan AC, pilihlah yang hemat listrik

Bila anda menginginkan untuk melakukan pemasangan AC, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memilih AC hemat energi. Jika untuk penggunaan di satu ruangan saja, pilihlah AC dengan daya PK ½ atau 3/4 .

 

4. Pastikan Steker dan colokan tidak selalu terpasang

Rata-rata ini menjadi kebiasaan buruk bagi sebagian orang. Padahal meskipun tidak menyalakan berbagai peralatan elektronik, steker atau colokan yang terpasang tetap memiliki arus yang dapat mengurangi pulsa listrik anda. Untuk itu selalu pastikan steker atau colokan anda tercabut saat tidak menyalakan alat-alat elektronik, ataupun saat meninggalkan rumah.

 

Demikianlah beberapa tips singkat untuk menghemat pulsa listrik anda. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya soal kelistrikan serta kabel berkualitas seperti supreme kabel atau Federal kabel hanya di PDSahabat.com