Memahami Jenis-Jenis Sensor Yang Dipasang Pada Pintu Otomatis

Memahami Jenis-Jenis Sensor Yang Dipasang Pada Pintu Otomatis
October 3, 2018 pdadmin
In Blog
Otomatisasi sensor autonics indonesia

Distributor Autonics – Pernahkah anda membayangkan bagaimana cara kerja dari pintu mall ataupun pusat perbelanjaan lainnya yang menggunakan pintu otomatis? Bagaimana caranya pintu tersebut bisa terbuka tanpa adanya perintah sebelumnya ketika kita mendekat? Jawabannya adalah dengan menggunakan Sensor.

Secara kasat mata, memang pintu tersebut terlihat sederhana tanpa adanya berbagai sistem kompleks ataupun rumit yang terlihat pada pintu tersebut. Akan tetapi ternyata pintu otomatis tersebut tidak sesederhana yang terlihat, didalamnya terdapat serangkain mesin serta elektronik yang kompleks dan bekerja secara bersamaan.

 

Sistem kerja pintu otomatis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pintu otomatis ini bekerja karena adanya sensor yang dipasang. Nantinya sensor ini akan mampu mendeteksi keberadaan objek disekitar, khususnya manusia yang akan melewati pintu tersebut. pada aplikasinya, Sensor-sensor tersebut diletakkan di kedua sisi pintu, baik sisi bagian dalam maupun sisi bagian luar pintu tersebut. ketika seseorang melewati pintu tersebut, maka sensor akan mendeteksi dan langsung mengaktifkan sistem untuk menggerakkan motor yang dapat membuka ataupun menutup pintu tersebut secara otomatis.

 

Berbagai jenis sensor pintu otomatis

`1. Sensor Optik

Sensor optik menggunakan sebuah sinar infra merah yang dipasang melintang layaknya sebuah tirai. Ketika seseorang melewati bagian tersebut, maka sensor akan langsung bereaksi akibat adanya objek yang menghalangi sinar tersebut.  seseorang yang melewati tirai Infra merah yang tak terlihat tersebut akan menyebabkan sensor memberikan  program perintah agar membuka pintu akibat terganggunya sinar infra merah yang dipasang untuk program menutup seperti sensor Autonics.

2. Sensor Gerakan

Tak jauh berbeda dengan sensor optik, sensor ini akan memancarkan gelombang mikro yang mampu mendeteksi objek yang berada di sekitar pintu, jika ada objek ataupun seseorang yang berada di wilayah jangkauan, maka pintu akan otomatis terbuka.

Baca Juga  Federal Kabel Jenis NYYHY : Kabel Penghubung yang Fleksibel

3.Sensor Panas Tubuh

Sedikit rumit dari berbagai sensor sebelumnya, sensor panas akan bereaksi akibat panjang gelombang yang dihasilkan dari panas tubuh manusia. Dengan kata lain, bila seseorang tidak bergerak atau dalam keadaan diam, maka sensor akan mengartikan bahwa tidak ada energi panas yang dihasilkan karena suhu nya sama dengan lingkungan sekitar. Namun, bila seseorang melakukan gerakan maka akan tercipta panas yang bervariasi dan akan secara otomatis membuka pintu.

4. Sensor Tekanan

Mungkin bagi yang satu ini anda tidak pernah menyadari  ketika tengah berjalan memasuki pintu sebuah mall. Sensor tekanan biasanya diletakkan di bawah keset kaki yang berada di depan pintu. Sensor akan membaca dan bereaksi terhadap berbagai tekanan dari sebuah objek ketika berada di atasnya.

5.Sensor Jarak Jauh

Berbeda dengan yang ada di mall, pintu ini membutuhkan pengendali jarak jauh yang secara manual dioperasikan oleh manusia untuk membuka ataupun menutup pintu, contohnya seperti pintu garasi otomatis, ataupun pintu pagar otomatis.