Mahasiswa UGM Ciptakan Jaket Yang Bisa Memijat Otomatis Dengan Sensor Robotik

Mahasiswa UGM Ciptakan Jaket Yang Bisa Memijat Otomatis Dengan Sensor Robotik
October 4, 2018 pdadmin
In Blog
Distributor Autonic

Distributor Autonics – Dengan menerapkan teknologi sensor panas dan sistem robotik yang ada, Indra Budi Setioputro bersama dengan rekan-rekannya dari Universitas Gadjah mada berhasil mengembangkan sebuah inovasi terbaru, yaitu sebuah jaket yang mampu menghilangkan rasa lelah, kedinginan, hingga tersesat saat melakukan pendakian di hutan. Jaket gunung robotik yang mereka kembangkan diberi nama sebagai ‘Rojak’ atau robot jaket.

Indra juga mengatakan bahwa Jaket ini didesain tidak hanya untuk menghangatkan tetapi juga dapat untuk memijat para penggunanya secara otomatis.

“ini adalah jaket yang didesain sesuai dengan jaket gunung dan nyaman serta telah memenuhi keselamatan pendaki dengan berbagai fitur yang telah kami ciptakan.” Ujar Indra.

Beberapa sistem pemijit otomatis ditanamkan di beberapa titik titik pijat yang ada di bagian punggung jaket, sehingga dapat mengurangi rasa sakit pinggang ataupun punggung pada saat melakukan pendakian.

Sensor suhu tubuh juga dipasang di jaket ini untuk dapat melakukan proses pemanasan secara otomatis ketika suhu tubuh penggunanya menurun secara drastis seperti pada sensor Autonics.

Dan fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah sebuah sistem untuk menemukan arah jika tersesat pada saat melakukan pendakian. Fitur ini bekerja dengan memberikan sebuah output suara yang dapat menuntun para pendaki menemukan arah mata angin yang tepat. Dan juga fitur ini dirancang secara

Jaket ini bekerja dengan menggunakan beberapa batu baterai yang diletakkan di dalam kantong jaket. Akan tetapi, sumber daya dari jaket tersebut juga tertera di bagian punggung, dimana itu merupakan cadangan sumber daya yang menggunakan sistem solar panel.

Baca Juga  Jenis-Jenis Sensor Sinar dan berbagai Fungsinya