Mengenal Berbagai Sensor keamanan Pada Lift Gedung

Mengenal Berbagai Sensor keamanan Pada Lift Gedung
October 4, 2018 pdadmin
In Blog
Distributor Autonics

Distributor Autonics – Di berbagai gedung perkantoran ataupun sebuah pusat perbelanjaan, penggunaan lift sepertinya bukan menjadi hal baru lagi. Anda pun pasti pernah menaiki alat transportasi antar lantai tersebut. namun tahukah anda bahwa ketika menaiki sebuah lift, anda akan sepenuhnya dikendalikan oleh sistem otomotatis secara elektronik dan mekanik tanpa adanya campur tangan manusia. Untuk itu, lift haruslah dilengkapi beberapa alat-alat untuk keamanan orang-orang yang menaiki lift, antara lain:

  1. Governor

Governor merupakan sebuah alat untuk mengatur kecepatan lift. Alat ini biasanya memiliki 2 jenis sistem keamanan lift. Yang pertama adalah secara elektrik dengan cara melakukan pemutusan kerja motor lift dari kontrol (PLC/ mikrokontrol). Dan cara yang kedua adalah secara mekanis melalui sebuah perintah kepada rem khusus yang ada dibawah kabin untuk berhenti, sehingga pemasangan alat ini harus secara paralel dengan brake di bawah kabin lift.

  1. Over load sensor

Sesuai namanya, sensor ini akan mendeteksi berat ideal dari batas kapasitas angkut lift. Seperti yang anda ketahui bahwa sensor ini akan berbunyi bila keadaan di dalam lift sudah melebihi beban yang ditetapkan. PD Sahabat adalah salah satu distributor yang menyediakan sensor autonics untuk kebutuhan lift.

  1. Emergency Switch

salah satu perangkat keamanan yang dapat digunakan atau dioperasikan secara manual oleh manusia. Akan tetapi biasanya ini digunakan bila dalam keadaan darurat untuk mendapatkan pertolongan

  1. Safety block

Safety block atau yang biasa disebut sebagai dumper merupakan sebuah perangkat keamanan yang mampu menahan ketika kabin jatuh dan dalam keadaan darurat. Pemasangannya biasa diletakkan di bagian bawah ruang luncur.

  1. Berbagai Sensor auto lift

Secara umum, penggunaan berbagai sensor auto lift ini adalah untuk  kegiatan operasional seperti emergency upper/lower switchlevel sensor serta low speed sensor. Akan tetapi, bila dalam keadaan darurat berbagai sensor ini juga akan berfungsi sebagai pengamanan tambahan.

  1. Switch pintu
Baca Juga  Federal Kabel Jenis NYYHY : Kabel Penghubung yang Fleksibel

adalah sebuah sensor yang mendeteksi gerakan, diletakkan di depan pintu lift yang bertujuan agar tidak terjadi kecelakaan seperti terjepit pintu lift dan lain-lain.

  1. Wire tension safety

merupakan salah satu sensor yang paling penting pada lift, karena mampu mendeteksi ketegangan dari seling atau tali penyangga lift. Bila tali tersebut mengalami peregangan, maka sensor akan langsung mendeteksi dan mematikan sistem dan langsung memberikan sinyal tanda error pada display didalam lift.