Berbagai Faktor Penyebab Timbulnya Gangguan pada Sistem Tenaga Listrik

Berbagai Faktor Penyebab Timbulnya Gangguan pada Sistem Tenaga Listrik
October 5, 2018 pdadmin
In Blog
Federal Kabel

Pada sebuah sistem tenaga listrik tiga fasa, biasanya gangguan arus yang sering terjadi antara lain sebagai berikut:

 

Adanya beban berlebih (overload)

Pada dasarnya gangguan semacam ini bukanlah sebuah gangguan yang murni, akan tetapi jika terus menerus dibiarkan maka dapat merusaan berbagai peralatan listrik yang dialiri oleh arus tersebut. Dengan kata lain, pada saat gangguan ini tengah terjadi, maka arus yang mengalir tersebut akan melebihi dari kapasitas peralatan listrik serta pengaman yang telah terpasang sebelumnya.

Adanya sebuah hubungan singkat arus listrik

Biasanya gangguan hubungan singkat tersebut bisa terjadi pada fasa kedua, fasa ketiga, hingga satu fasa menuju tanah, dua fasa ke tanah, ataupun 3 fasa menuju tanah.  Gangguan hubungan singkat yang serin gterjadi ini pun dapat juga dikelompokkan menjadi dua, yaitu sebuah gangguan hubungan singkat simetri, ataupun gangguan hubungan singat tak simetri (asimetri). Untuk yang simetri, biasanya merupakan sebuah hubungan singkat tiga fasa, sementara yang lainnya dapat dikategorikan sebagai hubungan singkat tak simetri atau asimetris. Gangguan inilah yang dapat mengakibatkan arus lebih pada fasa, dan juga dapat berakibat pada tegangan fasa yang terganggu.

 

Jadi dapat dikatakan bahwa kebanyakan dari gangguan yang sering terjadi pada sebuah sistem tenaga listrik merupakan gangguan yang tidak simetri atau asimetris. Dan gangguan ini sering terjadi karena merupakan akibat dari sebuah gangguan hubungan singkat satu fasa ke tanah, ataupun dua fasa ke tanah.

 

Pada saat yang sama, berbagai gangguan asimetris ini akan berakibat pada aliran arus yang tidak seimbang dalam sebuah sistem, sehingga untuk menganalisa gangguan harus digunakan sebuah metode dari komponen simetri,untuk dapat menentukan arus ataupun tegangan pada seluruh bagian sistem segera setelah terjadinya gangguan.

Baca Juga  Hasilkan Gambar TV semakin jernih menggunakan Federal Kabel Coaxial

 

Beberapa hal yang dapat ditimbulkan akibat adanya gangguan hubungan singkat tersebut, antara lain sebagai berikut:

  • Akan berakibat pada kerusakan berbagai peralatan listrik yang ada di dekat gangguan, karena disebabkan oleh banyaknya jumlah arus yang besar, arus tak seimbang, ataupun tegangan-tegangan rendah yang ada.

 

  • Stabilitas dan daya sistem dapat berkurang

 

  • Akan terjadi proses penghentian kontuinitas pelayanan listrik untuk konsumen, apabila terdapat gangguan hubungan singkat seperti tersebut, sampai harus dilakukan pemadaman listrik.

 

 

Tegangan berlebih

Gangguan tegangan yang berlebih ini biasanya lebih diakibatkan karena ada suatu kelainan yang ada pada sistem, dan dapat terjadi karena:

  • Diakibatkan oleh petir
  • Diakibatkan oleh penutupan sebuah saluran yang tak serempak yang ada pada pemutus tiga fasa
  • Penutupan kembali dari saluran cepat
  • Pelepasan beban akibat gangguan yang ada
  • Penutupan sebuah saluran yang awalnya tidak, menjadi masuk kedalam sebuah sistem

 

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai timbulnya gangguan pada sistem tenaga listrik 3 fasa, untuk itu selalu pastikan proses instalasi atau pemasangan secara tepat dan selalu pastikan anda memilih kabel yang berkualitas dan aman seperti Federal kabel ataupun supreme kabel, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan berbagai kabel berkualitas hanya di PDSahabat.com, sahabat urusan kelistrikan anda.