Mengenal Apa itu Robot Untuk Kebutuhan Industri

Mengenal Apa itu Robot Untuk Kebutuhan Industri
October 5, 2018 pdadmin
In Blog
Autonics

Autonics – Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi sekarang, sepertinya kata “Robot” sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Akan tetapi, penggunaan robot yang sekarang masih didominasi oleh kebutuhan Industri. Sekarang, sebelum kita melangkah lebih jauh lagi, ada baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan robot.

 

Secara umum, Robot merupakan sebuah alat atau perangkat mekanik yang mampu melakukan tugas dan pekerjaan secara fisik, baik yang harus berdasarkan pengawasan dan kontrol manusia, maupun harus di rancang terlebih dahulu menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI)

 

Sementara itu, secara etimologis istilah robot diambil dari istilah bahasa Cheko, “robota” yang bisa berarti sebagai “pekerja atau kuli yang tidak ada mengenal rasa lelah atau jenuh.” Berdasarkan arti tersebut, maka penggunaan robot di masa sekarang ini, lebih kepada pekerjaan atau tugas yang cukup berat atau berbahaya bila dilakukan manusia, termasuk juga untuk pekerjaan yang terus dilakukan secara berulang ataupun kotor. Maka tak heran bila sekarang ini, robot lebih diutamakan untuk berbagai industri dalam bidang produksi.

 

Selain itu, pengaplikasian dan penggunaan robot juga biasa dilakukan dalam hal pembersihan beberapa limbah yang cukup beracun, melakukan jelajah bawah air, jelajah luar angkasa, bidang penyelamatan, kemananan, dan lain sebagainya.

 

Mungkin sebagian besar dari Masyarakat masih menganggap bahwa Robot merupakan sebuah mesin tiruan berbentuk layaknya manusia (humanoid), akan tetapi tidak semua jenis robot adalah seperti itu, justru malah yang banyak digunakan tidak berbentuk seperti manusia sama sekali.

 

Bila kita membaca kamus Oxford, maka akan didapati pengertian:

robot sebagai sebuah mesin, yang dapat atau mampu melakukan berbagai pekerjaan atau tugas rumit secara otomatis, khususnya yang telah diprogram oleh komputer sebelumnya.

 

Baca Juga  12 Jenis Sensor Omron yang Layak untuk Diketahui

Sementara itu, bila merujuk kepada definisi dari Robot Institute of America, pengertian Robot dapat berarti sebagai:

 sebuah manipulator multifungsi yang dapat di program oleh manusia, didesain untuk memindahkan sebuah material, komponen, alat, dan benda khusus lainnya dengan cara melakukan serangkaian gerakan yang sudah di program dalam rangka melakukan berbagai tugas.

 

Jadi melalui beberapa pernyataan tersebut diatas, maka dapat kita asumsikan bahwa yang dimaksud dengan robot tersebut setidaknya harus memiliki beberapa poin berikut ini, antara lain:

 

  • Mampu mendapatkan informasi berdasarkan lingkungan sekitar (Dengan Sensor)

 

  • Mampu di program

 

  • Mampu melaksanakan beberapa tugas yang berbeda dalam sekali kerja (Multitasking)

 

  • Bekerja secara otomatis

 

  • Mampu mengambil tindakan sendiri (intelligent)

 

  • Biasa digunakan pada kebutuhan industri

 

 

Robot sendiri juga terbagi oleh beberapa macam tipe berdasarkan konstruksinya, antara lain:

 

  • Robot yang dapat bergerak (mobile)

 

  • Robot yang berbentuk sebuah tangan (manipulator)

 

  • Robot berbentuk layaknya manusia (humanoid)

 

  • Robot yang mampu terbang (flying)

 

  • Robot yang hanya memiliki kaki

 

  • Robot jaringan

 

  • Robot berbentuk binatang (animalia)

 

  • Robot cyborg

 

 

 

Demikianlah beberapa informasi singkat tentang pengertian robot Industri pada umumnya. Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai  robotika, khususnya otomatisasi Industri, sensor, dan lain-lain, silahkan langsung mengunjungi PDSahabat.com, selaku distributor Autonics resmi yang menyediakan berbagai macam produk kebutuhan Industri Anda.