Mengenal Dasar-Dasar Programmable Logic Controller (PC) Untuk Pabrik

Mengenal Dasar-Dasar Programmable Logic Controller (PC) Untuk Pabrik
October 5, 2018 pdadmin
In Blog
Supreme Kabel

Autonics – Berbicara mengenai sistem otomatisasi dari sebuah pabrik, maka tak layak rasanya jika tidak membahas kontrol panel, atau alat pengontrol dari sistem otomatisasi mesin pabrik tersebut. Adalah PLC atau Programmable Logic Controller, yang merupakan gabungan rangkaian berbagai macam perangkat elektronik yang mampu mengerjakan berbagai macam fungsi kontrol di tingkatan yang lebih kompleks seperti misalnya sistem otomatisasi mesin pabrik.

 

Dengan menggunakan PLC ini, suatu sistem atau mesin otomatisasi dapat diprogram, dikontrol, serta dioperasikan oleh seorang operator yang bahkan tidak berpengalaman. Jadi dengan kata lain, dengan menggunakan PLC akan mempermudah pekerjaan atau proses produksi. PLC dapat mengoperasikan berbagai macam sistem yang memiliki output antara ON dan OFF, atau juga dengan menggunakan variasi yang lain.

 

Sejarah Programmable Logic Controller (PLC)

PLC pada dasarnya adalah sebuah alat elektronik yang mampu menggantikan panel relay. Pada awal kemunculannya, PLC hanya digunakan pada kondisi ON-OFF sebagai pengendali motor, solenoid, atau actuator atau berbagai alat otomotif lainnya.

 

Di tahun 1978, seiring ditemukan terobsoan chip mikroprosessor yang mampu meningkatkan kemampuan komputer di segala macam sistem otomatisasi, maka program PLC juga turut mengalami perkembangan yang cukup pesat, hingga saat ini Program PLC ini dapat dengan mudah dimengerti dan dipahami oleh banyak orang.  Di tahun 1980, PLC terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Saat itu, PLC telah banyak digunakan di berbagai sistem otomatisasi building dan juga security control system.

 

Hingga saat ini, di era modern, semua sistem kontrol telah terintegrasi dengan keseluruhan pabrik, seperti kontrol feedback, pemrosesan data, serta tak lupa sistem monitor terpusat. PLC telah menjadi pilihan banyak industri, dan telah berkembang menjadi alat yang sangat cerdas, dan telah menjadi kebutuhan utama dari tiap industri modern, sebagai sebuah alat yang mampu mengakuasi data dan menyimpannya.

Baca Juga  Epson S250, Robot Pabrik Yang Mampu Mengerjakan Hal-Hal Kecil Dan Rumit

 

Fungsi  PLC pada industri modern

Secara umum, PLC adalah sebuah sistem digital elektronik yang secara khusus didesain untuk dapat mengendalikan mesin-mesin produksi pabrik, dengan cara melakukan implementasi dari fungsi nalar kendali sekuensial, waktu operasi, pencacahan (Counting), hingga Aritmatika.

PLC memiliki beberapa kesamaan dengan komputer digital lainnya pada komponen seperti prosesor, unit kontrol, dan lain-lain, namun memiliki beberapa perbedaan dalam hal pengaplikasiannya, antara lain:

  • PLC didesain khusus untuk berada di lingkunggan industri yang riuh, panas, banyak getaran, debu dan lain sebagainya.

 

  • PLC juga didesain agar mudah dirawat dan tidak memiliki sistem yang terlalu kompleks agar bisa dioperasikan oleh teknisi pabrik.

 

  • PLC pada umumnya tidak memiliki monitor, namun dilengkapi oleh sebuah peripheral port yang digunakan untuk input program serta memonitor data dan program.

 

Dan berikut adalah beberapa operasi yang dilakukan PLC pada pabrik, antara lain seperti :

  • Relay Logic
  • Penguncian ( Locking )
  • Pencacahan ( Counting )
  • Penambahan
  • Pengurangan
  • Pewaktuan ( Timing )
  • Kendali PID
  • Operasi BCD
  • Manipulasi Data
  • Pembandingan