Mengenal Sensor Efek-Hall Untuk Kebutuhan Industri Pabrik

Mengenal Sensor Efek-Hall Untuk Kebutuhan Industri Pabrik
October 5, 2018 pdadmin
In Blog
Distributor Autonics

Autonics – Terdapat beberapa sensor untuk mengukur kecepatan yang digunakan pada industri seperti pabrik. salah satunya biasa disebut dengan sensor Efek-Hall yang secara khusus didesain untuk mendeteksi adanya sebuah objek magnetis beserta dengan perubahan posisinya.  Dengan adanya perubahan posisi tersebut, maka akan terdapat pula sebuah perubahan medan magnet yang lama kelamaan akan menimbulkan sebuah pulse  yang dapat ditentukan dan diketahui frekuensinya.

Dalam dunia Industri, biasanya penggunaan sensor Efek-Hall akan digunakan untuk mengetahui waktu dan kecepatan dari sebuah roda atau poros mesin, seperti mesin pembakaran internal.  Jadi secara mudah, Sensor Hall Effect, adalah sebuah sensor yang digunakan untuk mendeteksi sebuah medan magnet yang kemudian akan menghasilkan output berupa pulse

 

Tipe dari Sensor Efek-Hall

Secara umum, terdapat dua tipe sensor Hall-Effect, Linear, dan tipe On-Off. Untuk tipe linear biasanya di aplikasikan di Industri, untuk mengukur medan magnet secara linear, serta untuk mengukur arus DC serta AC yang ada pada konduktor serta beberapa fungsi lainnya yang berkaitan dengan penerapannya.

Sementara itu, untuk tipe On-Off, biasanya digunakan sebagai sebuah Limit Switch, dan sensor kehadiran/keberadaan (Presence Sensors), dan lain-lain, sesuai dengan pengaplikasiannya pada Industri. Biasanya sensor ini akan memberikan sebuah logika output untuk interface secara langsung dengan gerbang logika, sekaligus untuk mengatur dan pengendalian beban dengan menggunakan buffer amplifier.

 

Aplikasi Sensor Hall-Effect Pada Dunia Industri

Dalam pengaplikasiannya pada dunia Industri, Sensor Hall-Effect sering digunakan sebagai Split ring clamp-on sensoranalog multiplication, power sensingposition and motion sensingautomotive ignition, fuel injection, dan juga wheel rotation sensing, yang biasanya di gunakan di berbagai macam jenis pabrik, serta banyak digunakan untuk penggunaan sensor yang berbeda-beda seperti sensor aliran cairan, sensor power, dan sensor tekanan.

Baca Juga  Rencana Sistem Transaksi Otomatis Tol, Bagaimana Kabar Pegawai Jasa Marga?

Untuk informasi selengkapnya mengenai sensor Hall-Effect untuk kebutuhan industri, dan berbagai jenis penggunaan sensor lainnya dari Autonics,silahkan langsung mengunjungi PDSahabat.com, selaku distributor Autonics resmi  yang menyediakan berbagai macam jenis sensor, serta berbagai jenis sistem otomatisasi pabrik sesuai dengan kebutuhan.