Pengertian Dari Gangguan Sistem Tenaga Listrik, Beserta Pembagiannya

Pengertian Dari Gangguan Sistem Tenaga Listrik, Beserta Pembagiannya
October 5, 2018 pdadmin
In Blog
Supreme Kabel

Kembali lagi kali ini PDsahabat.com akan membahas mengenai permasalahan listrik yang ada di sekitar kita, baik dalam skala kecil, maupun skala yang cukup besar. Dan yang menjadi salah satunya adalah beberapa gangguan yang sering terjadi pada sistem tenaga listrik. Untuk itu, kali ini PDSahabat.com akan membagikan beberapa informasi mengenai klasifikasi gangguan apa saja yang ada pada sistem tenaga listrik, dan berikut adalah pembahasannya.

 

Secara umum, biasanya gangguan yang kerap kali terjadi pada sistem tenaga listrik yang ada sifatnya beragam dan memiliki beberapa besaran. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan gangguan pada sistem tenaga listrik. sesuai namanya, Gangguan pada sistem tenaga listrik merupakan sebuah keadaan dimana jaringan listrik tidak normal dan dapat menganggu kontinuitas dari pelayanan tenaga listrik. Dan secara umum juga, gangguan ini dapat diklasifikasikan pada 2 faktor, antara lain:

 

  • Gangguan yang berasal dari dalam sistem tenaga listrik

 

  • Gangguan yang berasal dari luar sistem tenaga listrik

 

 

Dan diantara gangguan-gangguan tersebut, ada juga beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan di dalam  sistem tersebut, yaitu:

  • Arus dan tegangan tidak stabil/tidak normal

 

  • Proses instalasi pemasangan yang kurang tepat

 

  • Terjadinya kesalahan mekanis di beberapa titik akibat proses penuaan

 

  • Terdapat beban yang berlebih

 

  • Mengalami beberapa kerusakan komponen material seperti isolator pecah, kabel cacat, kawat putus, dan lain-lain.

 

Sementara itu, untuk faktor tipe gangguan yang berasal dari luar sistem tenaga listrik, antara lain seperti:

 

  • Terdapat beberapa gangguan mekanis yang diakibatkan oleh pekerjaan galian saluran untuk pekerjaan lain, yang biasanya dapat mengganggu sistem kelistrikan bawah tanah.
Baca Juga  Indonesia Diperkirakan Akan Mengalami Perkembangan Sistem Otomatisasi Industri Di Tahun Depan

 

  • Efek dan pengaruh cuaca dan iklim seperti misalnya, angin, hujan, petir, yang bahkan dapat mengakibatkan gangguan hubungan singkat akibat menembus isolasi peralatan (breakdown)

 

  • Pengaruh lingkungan dan kecerobohan manusia yang dapat merusak sistem tenaga listrik.

 

 

Sementara itu, untuk lamanya waktu gangguan tersebut, dapat dikelompokkan menjadi beberapa poin, antara lain seperti:

 

  • Gangguan Temporer, gangguan ini dapat hilang dan membaik dengan sendirinya, atau bisa diperbaiki dengan hanya memutuskan beberapa bagian yang terganggu saja. Bila tak juga kunjung membaik, maka gangguan tersebut dapat berubah menjadi permanen.

 

 

  • Gangguan Permanen, gangguan seperti ini biasanya membutuhkan beberapa tindakan perbaikan lebih lanjut untuk menyingkirkan gangguan yang ada tersebut.

 

 

  • Pada gangguan yang terjadi secara temporer, maka setiap peralatan atau saluran yang terganggu tadi, bisa dengan segera dioperasikan secara normal kembali, sementara untuk gangguan yang bersifat permanen, biasanya akan terdapat beberapa kerusakan yang cukup parah, sehingga sistem tenaga listrik akan bisa dioperasikan kembali jika ada beberapa komponen yang diperbaiki ataupun diganti kembali

 

 

  • Biasanya pada saat gangguan terjadi akan ada arus yang sangat besar mengalir pada fasa yang terganggu tersebut . dengan kata lain, akan ada kenaikan temperatur yang dapat menyebabkan kerusakan pada tiap peralatan listrik yang digunakan.

 

 

Demikianlah pembagian dari beberapa gangguan yang terdapat pada sistem tenagal listrik, untuk dapat menghindari terjadinya gangguan baik secara temporer atau permanen, ada baiknya anda untuk melakukan pemasangan atau instalasi secara tepat, sekaligus menggunakan kabel yang berkualitas seperti Federal kabel, ataupun Supreme Kabel,dan lain-lain dapatkan hanya di PDSahabat.com sekarang juga!