2017, Akankan Robot Mulai Mengambil Alih Pekerja Pabrik Di Indonesia?

2017, Akankan Robot Mulai Mengambil Alih Pekerja Pabrik Di Indonesia?
October 9, 2018 pdadmin
In Blog
Distributor Autonics

Autonics – Menurut data yang ada, dikatakan bahwa penggunaan Roboy untuk Industri sedang mengalami kenaikan dengan rata-rata peningkatan penjualan global (CAGR) sebanyak 16% per tahunnya, terhitung sejak tahun 2010 hingga 2015. Dan dalam data tersebut dikatakan bahwa pertumbuhan itu terdapat di beberapa sektor pabrikan antara lain seperti elektronik,otomotif, dan lain sebagainya. Akan tetapi, dari semuanya tersebut, apakah Indonesia sebenarnya sudah layak menggunakan standarisasi untuk robot-robot industri ini?

 

Seperti yang telah kita bahas di berbagai artikel sebelumnya, bahwa dengan menggunakan robot industri, perusahaan –perusahaan kecil hingga besar sekalipun, dapat melakukan produksi barang dengan biaya yang lebih hemat dan tanpa perlu banyak memakan waktu. Tak hanya sampai disitu, penggunaan robot industri juga berguna ketika hendak melakukan pekerjaan yang memiliki resiko cukup tinggi, dan membahayakan bagi pekera manusia, khususnya di pabrik-pabrik dengan tingkat bahaya yang cukup tinggi, seperti alat berat, ataupun bahan kimia.

 

Saat ini di Indonesia, robot Industri bisa menjadi solusi tepat untuk membangkitkan aktifitas pabrikasi ataupun manufacturing, yang saat ini sedang lesu. Melalui peranan robot robot industri ini nantinya dapat meningkatkan hingga mempertahankan daya saing di sektor-sektor tersebut, seperti apa yang telah di lakukan oleh berbagai perusahan dunia yang telah menerapkan sistem otomatisasi seperti yang ditawarkan Autonics, untuk dapat meningkatkan produktifitasnya.

 

Dengan adanya tren otomatisasi serta sistem robotik ini, maka Indonesia diharapkan lebih dapat bersaing secara global nantinya. Menurut sebuah laporan dari Internatiol Federation of Robotics (IFR), dikatakan bahwa tingkat otomatisasi yang layak dilakukan di Indonesia perbandingannya adalah 39 unit robot per 10.000 karyawan.

 

Awalnya ini memang terkesan sedikit, bila harus dibandingan dengan tingkat perbandingan secara global, dimana 66 unit robot bisa dibandingkan dengan 10.000 karyawan. Namun ketertinggalan ini masih bisa dikejar oleh Indonesia karena adanya peningkatan permintaan akan robot-robot industri, yang diperkirakan nantinya akan mencapai 1,3 juta robot industri di tahun 2018.

Baca Juga  Mengenal Berbagai Sensor keamanan Pada Lift Gedung

 

Dapatkan berbagai artikel menarik lainnya seputar sistem otomatisasi pabrik, ataupun robot industri hanya di PDSahabat.com, distributor autonicssecara resmi yang ada di Indonesia.