Andrianto, Sang Penemu Sistem Otomatisasi irigasi Pertanian Modern di Indonesia

Andrianto, Sang Penemu Sistem Otomatisasi irigasi Pertanian Modern di Indonesia
October 9, 2018 pdadmin
In Blog
Federal Kabel

Autonics – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pertanian di tanah air hingga saat ini masih belum memiliki sebuah sistem yang cukup modern untuk proses pengairannya, seperti irigasi dan lain sebagainya. padahal sebagai salah satu negara dengan sumber pertanian terbesar di dunia, tentunya dibutuhkan sebuah sistem yang cukup modern untuk dapat menangani masalah-masalah kecil seperti ini. namun tetap saja, masih banyak dijumpai para petani yang masih menggunakan cara cara lama dan tentunya kurang efektif.

 

Melihat hal tersebut, maka seorang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama Andrianto berhasil menciptakan dan mengembangkan sebuah sistem pengairan pertanian yang dapat dilakukan secara otomatisasi dan sesuai dengan kebutuhan dari tiap tanaman, tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra. Sebuah sistem otomatisasi yang diciptakannya tersebut diberi nama AiRi, dan untuk saat ini masih digunakan untuk kepentingan pengairan area perkebunan kelapa sawit.

 

Andrianto mengatakan bahwa sistem otomatisasi AiRi miliknya tersebut merupakan gabungan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat bekerja secara real time, danb saat ini telah diaplikasikan untuk proses pembibitan kelapa sawit.

 

Lebih lanjut Andrianto yang merupakan seorang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM ini menjelaskan bahwa AiRI miliknya tersebut bekerja dengan menggunakan sensor nutrisi, sensor lengas tanah, dan juga sensor iklim mikro yang telah berbasis jaringan tanpa kabel. Melalui beberapa sensor tersebut, Andrianto pun dapat mengetahui kondisi kelembapan tanah, nutrisi, serta iklim tempat dimana area perkebunan berada.

 

Tak hanya itu, Andrianto kembali menjelaskan bahwa AiRi juga dilengkapi oleh beberapa panel surya yang menjadi sumber energi utama untuk pengoperasiannnya.

“Alat ini juga dilengkapi dengan panel surya sebagai sumber energi dalam pengoperasian sistem irigasi ini. Sistem kerjanya secara otomatis saat tanaman membutuhkan air,” tandas Andrianto.

Baca Juga  Manfaat Penggunaan Sensor Dan Detektor Gerakan Autonics, Sebagai Sistem Anti Maling

 

Saat ini, Andrianto tengah dibantu oleh beberapa alumni dari fakultasnya untuk mulai memperkenalkan sistem otomatisasi AiRi tersebut. Dan pada akhirnya AiRi pun berhasil dipasang di beberapa tempat, seperti pada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) serta kebun tembakau PTPN X Klaten.

 

Selain penemuan sistem otomatisasi pengairan tersebut, masih banyak anak muda Indonesia berbakat lainnya yang telah berhasil menciptakan berbagai sistem otomatisasi lainnya, temukan semuanya hanya di PDSahabat.com, selaku distributor Autonics resmi yang ada di Indonesia.