Memiliki Robot Pada Sebuah Industri, Tak Harus Menggantikan Peran Karyawan Manusia

Memiliki Robot Pada Sebuah Industri, Tak Harus Menggantikan Peran Karyawan Manusia
October 9, 2018 pdadmin
In Blog
Distributor Autonics

Salah satu yang menjadi momok tersendiri bagi para manufactur untuk menggunakan sistem otomatisasi seperti Autonics, ataupun menggunakan robot adalah masalah finansial dan juga tentang ketrampilan manusia yang tidak dapat digantikan. Akan tetapi kini, telah banyak teknologi yang menciptakan robot-robot kolaboratif atau yang biasa disebut sebagai cobot (collaboration robot).

 

Cobot merupakan sebuah mobile robot generasi baru yang memiliki bobot lebih ringan dan tentunya lebih aman dan dapat digunakan untuk bekerja secara berbarengan dengan manusia melalui penggunaan teknologi sensor dan vision.

 

Selain bersifat mobile, Cobot-cobot ini juga memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi dan mudah untuk diprogram untuk melakukan beberapa hal seperti mengangkat, meletakkan, hingga melakukan perawatan maupun penandaan terhadap mesin.  Melalui kolaborasi ini, pekerja manusia yang ada sekaligus juga dapat meningkatkan ketrampilan mereka secara berbarengan melalui teknologi yang dapat membantu untuk melaksanakan pekerjaan bersifat repetitif dengan lebih cepat, serta dengan pola dan tingkat presisi yang hampir sempurna.

 

Dengan Cobot ini, para pekerja manusia dapat dibebaskan dari berbagai pekerjaan yang bersifat perulangan setiap harinya, sehingga  pekerja manusia dapat memainkan peran hanya sebagai pengawas ataupun manajemen proyek. Dan tentunya, melalui peran Cobot ini, mereka juga bisa meningkatkan ketrampilan mereka di bidang lainnya yang berhubungan dengan produksi.

 

Hal-hal semacam ini yang dapat membawa para pekerja Indonesia untuk mendapatkan kesempatan dalam mengembangkan ketrampilan secara profesional yang dapat memiliki manfaat jangka panjang. sebut saja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia yang saat ini telah menempati 99,95 perusahaan yang ada di negara ini, maka dengan menggunakan Cobot, pabrik-pabrik rumahan dapat memproduksi lebih banyak lagi, sembari para pekerjanya dapat mengasah keterampilan lainnya untuk menunjang faktor lainnya.

Baca Juga  Sistem Otomatisasi Pabrik Tengah Menjadi Tren Industri Di Asia Tenggara

 

Masa depan sudah didepan mata

Berkat teknologi yang semakin maju, tentu menawarkan sebuah peluang lebih yang bisa digunkan untuk lebih mempermudah proses produksi di berbagai sektor, salah satunya adalah manufaktur.

 

Berkat kehadiran Cobot sebagai robot industri yang mempermudah pekerjaan pabrik, karyawan tidak perlu digantikan, justru dapat menjadi sebuah rekan kerja yang cukup dapat menciptakan sebuah hasil produksi yang berkualitas dengan tetap menjaga kelancaran serta keamanannya, serta proses yang diakhiri secara presisi dan dapat dilakukan lebih cepat.

 

Proses pergantian menuju sistem otomatisasi cepat atau lambat pasti akan dihadapi bersama dengan berbagai macam tantangan dan  Robot sendiri merupakan hasil dari sebuah kemajuan teknologi peradaban, yang diciptakan guna mendukung perkembagan industri yang ada.

 

 

 

 

Dapatkan berbagai macam artikel lainnya  mengenai sistem otomatisasi, robotik, hingga kabel-kabel berkualitas seperti Federal kabel hanya di PDSahabat.com distributor Autonics resmi.