Keluar Dari Kampus, Seorang Pemuda Berhasil Ciptakan Kafe Dengan Robot Barista

Keluar Dari Kampus, Seorang Pemuda Berhasil Ciptakan Kafe Dengan Robot Barista
October 10, 2018 pdadmin
In Blog
Federal Kabel

Autonics – Adalah Henry Hu, seorang pemuda biasa di San Francisco, California yang memiliki kegemaran dalam mengkonsumsi kopi. Sangking menyukainya, Henry pun harus rela untuk terus terusan antri ketika hendak memesan kopi di sebuah kedai.

 

Lama kelamaan, Henry pun mulai jenuh dengan kondisi antrean yang dihadapinya setiap kali ingin memesan sebuah kopi. Hingga akhirnya, Henry memutuskan untuk menciptakan sendiri kedai kopi miliknya yang dilengkapi dengan sebuah robot barista yang mampu memberikan sajian kopi dengan cepat kepada pengunjung, tanpa harus mengantri panjang lagi.

 

Pemuda yang berusia 23 tahun ini, akhirnya telah berhasil mendirikan sebuah kafe yang dicita-citakannya, yang diberi nama ‘Cafe X’. Dan sesuai impiannya, kafe ini pun secara keseluruhan di operasikan oleh teknologi robotik, tanpa banyak peranan operasional manusia. Yang perlu pelanggan lakukan hanyalah memesan apa yang mereka inginkan melalui tablet yang disajikan, seperti menu kopi, latte ataupun cappuccino. Semuanya disajikan secara teratur dan cepat.

 

Seperti yang diberitakan oleh Business Insider, Henry mengatakan bahwa idenya untuk menciptakan sebuah teknologi penyajian kafe dengan menggunakan robot berawal dari ilmu yang sedang dipelajarinya saat di Babson College. Dan ketika telah merencanakan semuanya melalui diskusi panjang lebar dengan programmer asal Hong Kong, Henry pun akhirnya nekat untuk menjual mobil miliknya untuk membangun bisnis kafe robotnya tersebut. Hingga pada akhirnya, ia pun memutuskan untuk keluar dari kampusnya untuk menjalankan bisnisnya tersebut.

 

Nasib baik, Henry pun akhirnya disokong dan diberi bantuan dana dari Thiel Fellowship senilai USD100 ribu yang diberikan bagi mahasiswa yang telah drop out, tapi berniat untuk berwirausaha. Ini juga yang menjadikannya semakin semangat untuk mendirikan usaha berbasis robotik tersebut.

Baca Juga  Keuntungan Menggunakan Sistem Otomatisasi Mesin Pada Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit

 

Di dalam kedai kopi miliknya tersebut, Henry pun mengatakan bahwa sudah melakukan beberapa pemrograman seperti memindahkan cangkir, mengisi kopi, hingga memberikan gelas kopi yang sudah di sedu kepada pelanggan.

 

Hingga saat ini, Cafe X milik Henry bisa menyiapkan sedikitnya 100 hingga 120 gelas kopi per jamnya, sesuai dengan tingkat kesulitan dari pesanan itu sendiri. Dan sampai saat ini juga, kedai kopi robot milik Henry telah menjadi favorit bagi orang-orang di wilayah Metreon Shopping Center, San Francisco.

 

 

 

Ingin mengetahui artikel lainnya tentang robotik? Simak terus di artikel lainnya, hanya di PDSahabat.com selaku distributor Autonics resmi yang menyediakan berbagai macam sensor dan sistem otomatisasi bagi kebutuhan bisnis dan Industri.