12 Jenis Sensor Omron yang Layak untuk Diketahui

12 Jenis Sensor Omron yang Layak untuk Diketahui
October 17, 2019 pdadmin
In Blog, sensor omron

PDSahabat – Sensor Omron adalah seperangkat peralatan yang umum digunakan pada kehidupan sehari-hari untuk berbagai hal. Omron sendiri adalah nama merek dari sensor tersebut yang komponennya mampu digunakan untuk mendeteksi, mengukur, menganalisis dan memproses berbagai perubahan yang terjadi pada situs produksi. Apa saja jenis sensornya?

Jenis Sensor Omron

1. Sensor Serat

Salah satu jenis atau kompnen sensor yang ada pada ini adalah sensor serat. Sensor ini terpisah dengan sensor amplifier dan ditransmisikan melalui serat. Ia memungkinkan untuk mendetaksi tempat-tempat yang sempit dan lokasi lain yang memiliki akses yang terbatas. Pada Omron, ada pembagian sensor serat yang harus Anda tahu.

Pembagiannya terdiri dari unit serat, penguat serat dan unit komunikasi sensor. Semuanya juga bervariasi jenisnya. Variasinya berdasarkan bentuk yang luas, resitif lingkungan dan balok khusus serta apakah ia dapat memenuhi kebutuhan unit amplifier atau tidak. 

Untuk unit serat, beberapa produk yang bisa Anda pilih adalah unit serat hex berbentuk lensa bangun. Ia memiliki kemampuan untuk memberikan deteksi yang lebih stabil dari instalasi yang lebih sederhana dan lebih andal. Selain itu, ada lensa bangunan unit serat model datar seperti E32-LT35Z.

Sensor yang satu ini mampu menyesuaikan sumbu optik dalam 20 detik dan balok berdaya tinggi. Ia mampu mengurangi pekerjaan Anda dalam instalasi dan pemeliharaan. Selain itu, ada lensa bangun serat seperti E32-LT/LD yang memiliki daya tinggi dengan deteksi yang stabil. Ada juga unit serat tahan minyak yang stabil di segala lingkungan.

Sedangkan untuk penguat serat terdiri dari beberapa variasi juga. Variasinya misalnya unit penguat serat berwarna, unit penguat serat cerdas, unit serat 2 saluran amplifier, unit penguat sederhana, unit proses basah serta unit amplifier serat digital. Unit komunikasi sensor juga beragam, yakni sensor amplifier serat dan amplifier serat seri.

2. Sensor Fotoelektrik

Selain sensor serat, pada sensor Omron Anda juga bisa menemukan sensor fotoelektrik yang bertugas mendeteksi benda kerja optik foto. OMRON menyediakan banyak jenis sensor ini termasuk sensor difus reflektif, sinar lewat, retro reflektif, dan sensor yang dapat daitur jaraknya serta sensor amplifier built in atau yang terpisah.

3. Sensor Pemindahan atau Sensor Pengukuran

Selain itu, Anda juga bisa menemukan sensor pemindahan atau sensor pengukuran yang umum digunakan untuk mengukur jarak dan ketinggian. OMRON memiliki banyak jenis sensor pemindahan dan pengukuran ini dengan beragam macam model.

Beberapa model sensor pemindahan atau sensor pengukuran yang bisa Anda temukan pada OMRON adalah sensor laser, sensor LED, sensor ultrasonik, sensor kontak, sensor arus Eddy dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan di sini.

4. Sensor Visi atau Sistem Visi Mesin

Selanjutnya, Anda bisa menemukan sensor visi atau sensor visi mesin pada OMRON. Sensor yang satu ini bisa digunakan untuk menganalisis gambar untuk melakukan inspeksi penampilan, inspeksi karakter, penentuan posisi dan inspeksi cacat juga pada suatu alat yang digunakan.

5. Pembaca Kode atau OCR

Pada sistem sensor ini, Anda juga bisa menemukan pembaca kode atau OCR. Fungsi dari sensor pembaca kode 2D atau kode batang ini berguna untuk memverifikasi kode yang ada. Ia tersedia dalam model terpasang dan juga model genggam yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Sensor ini terdiri dari beberapa jenis. Pertama ada pembaca kode. Pembaca kode ini terbagi dalam beberapa produk seperti fokus otomatis multi code reader yakni V430 F Series. Selain itu, ada juga pembaca kode multi yang terdiri dari V400 R2. Ada juga code reader yang teridir dari FQ-CR Series yang mampu membaca dan mengoperasikan alat dengan mudah.

Selanjutnya ada pembaca kode 2D yakni V400 F yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan situs produksi. Ada juga pembaca kode batang laser seri QX 830 yang merupakan pembaca kode batang laser raster industri. Ada juga pembaca kode DPM genggam yang terdiri atas seri HS=360X yang mampu membaca kode ultra ragged hand held.

Sedangkan untuk bagian sistem verifikasi yang digunakan untuk memverifikasi kode 2D sesuai standar internasional, ia juga tediri dari beberapa produk. Produk yang dimaksud adalah sistem verifikasi kode seri LVS 9510, sistem verifikasi kode LVS 9585 dan sistem verifikasi kode LVS 9580.

Pada sistem sensor pembaca kode ini, ada yang disebut dengan OCR. OCR ini memiliki fungsi dapat membaca karakter dari karakter aus atau cenderung dicetak oleh sebagian besar printer termasuk printer dot atau impact. Di OMRON, hanya ada satu produk untuk OCR ini. Ia adalah sensor pengenalan karakter optik FQ2-CH.

6. Sensor Kedekatan

Selanjutnya, Anda bisa menemukan sensor kedekatan pada merek OMRON ini. Sensor kedekatan disebut juga dengan sensor proximity tersedia dalam berbagai bentuk yang menggunakan osilasi frekuensi tinggi. Tujuan dari penggunaan sensor ini adalah untuk mendeteksi objek logam ferro dan non feroo.

Dalam model kapasitif, ia memiliki fungsi lain. Fungsi sensor kedekatan pada model kapasitif ini adalah untuk mendeteksi objek non logam. Untuk model yang tersedia, ada yang tahan terhadap lingkungan, tahan panas, tahan terhadap bahan kimia dan ada juga yang tahan terhadap air.

7. Sensor Photomicro

Selanjutnya, Anda bisa menemukan sensor photomicro pada jenis ini. Sensor optik yang satu ini menyediakan metode ringkas dan berbiaya rendah untuk mendeketksi benda kerja. Di OMRON, Anda bisa memilih salah satu dari banyak model yang tersedia.

Beberapa model yang tersedia dan bisa Anda pilih di sini adalah sensor slot tipe yang melalui balok untuk cahaya yang tidak dimodulasi atau termodulasi. Selain itu, ada juga sensor reflektif dan sensor dengan emitor dan penerima yang terpisah.

8. Rotary Encorder

Anda juga bisa menemukan rotary encorder pada sensor OMRON ini. rotary encorder sendiri adalah sensor yang berguna untuk mengukur jumlah rotasi, sudut rotasi dan posisi rotasi dari suatu benda yang digunakan.

9. Sensor Ultrasonik

Anda juga bisa menemukan sensor ultrasonik di sini. Sensor ini berguna untuk menangkap gelombong ultrasonik. Cara kerjanya pun juga memungkinkan gelombang ultrasonik yang dimiliki untuk medeteksi stabil terhadap objek yang transpran seperti film transparan, botol kaca, botol plastik dan kaca piring menggunakan atau tidak menggunakan sensor reflektif.

10. Sensor Tekanan atau Sensor Aliran

Pada sistem ini, Anda juga bisa menemukan jenis sensor tekanan atau sensor aliran. Sensor ini bisa digunakan untuk mendeteksi aluiran cairan atau gas. Sensor ini juga berfungsi untuk mendeteksi laju aliran cairan.

11. Sensor Kontak atau Sensor Kebocoran Cairan

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menemukan sensor kontak atau sensor kebocoran cairan. Seperti namanya, sensor ini berguna untuk mendeteksi objek dengan menghubunginya secara fisik dan mampu mendeteksi kebocoran cairan.

Untuk sensor kontak, ia mampu mendeteksi objek dan mengukur dimendi dengan akurasi yang tinggi. Kekuratannya untuk menahan gerakan geser dan tubuh mereka sangat ideal untuk digunakan dalam berbagai aplikasi pengkuran. Untuk produknya di OMRON hanya ada satu, yakni E9NC-1 yang memiliki ketahanan yang sangat tangguh dan kuat.

Sedangkan untuk sensor kebocoran cairan, ia berbentuk seperti pita penginderaan, sensor titik, sensor tahan kimia, sensor tahan terhadap suhu tinggi. Untuk produknya, ada beberapa yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah amplifier sensor kebocoran cairan untuk pengkabelan jarak jauh, penguat sensor kebocoran cairan dengan fungsi deteksi pemutusan.

12. Sensor Pemantau Kondisi

Pada sistem sensor dari OMRON, sensor pemantau kondisi juga bisa Anda temukan. Sensor pemantau kondisi ini terdiri atas sensor dan amplifier. Sensor ini akan terus menerus memvisualisasi ‘status kesehatan’ dari fasilitas peralatan yang digunakan.

Selain itu, ia juga mampu mendeteksi tanda-tanda kelainan pada peralatan. Amplifiers dengan mudah mampu menghubungkan berbagai sensor analog untuk memantau kondisi alat ke IoT peralatan.

Itulah berbagai jenis sensor OMRON yang bisa Anda temukan. Jenis-jenis ini pun banyak sekali produknya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi laman OMRON saja untuk melihat berbagai produk sesuai dengan jenis sensor yang Anda butuhkan untuk kinerja Anda. Apapun jenis sensor yang Anda butuhkan, semua ada di OMRON ini.

Baca Juga  Meningkatkan Industri Kabel Indonesia Dengan Kehadiran Pabrik Produksi Terbesar Di ASEAN