Penggunaan Kabel yang aman di rumah

Penggunaan Kabel yang aman di rumah
July 15, 2020 pdadmin
In Blog

Perhatikan Penggunaan Kabel yang aman untuk rumah anda

Rumah tidak hanya sekedar tempat tinggal, akan tetapi menjadi tempat berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, segala hal yang terkait rumah perlu diperhatikan dengan baik dan benar. Hal ini untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan anggota keluarga. Seperti halnya, pada kabel listrik.

Tak jarang hal buruk terjadi akibat penggunaan kabel listrik yang tidak baik, sehingga mengakibatkan arus pendek listrik. Untuk itu, berikut tips penggunaan kabel listrik yang aman di rumah;

 

1. Penggunaan peralatan tenaga listrik sesuai kebutuhan

Penggunaan yang berlebihan pada peralatan tenaga listrik akan dapat membuat kabel listrik mudah rusak dan rentan terjadi arus pendek listrik, yang dapat menyebabkan sengatan listrik kepada seseorang ataupun menyebabkan kebakaran yang cukup besar.

Dalam penggunaan peralatan tenaga listrik harus kalian sesuaikan dengan daya listrik pada rumah dan seberapa besar kabel listrik dapat menjangkaunya. Maka, gunakanlah peralatan tenaga listrik sesuai standar yang berlaku.

Karena penggunaan yang berlebihan dapat merusak peralatan rumah tangga yang menggunakan tenaga listrik.

 

2. Tidak memasang instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan

Agar kabel listrik tetap aman dianjurkan untuk tidak memasang terlalu banyak sambungan pada instalasi listrik rumah kalian. Karena, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada isolator kabel listrik yang dapat mengelupas, memuai ataupun terkena panas listrik yang dapat menyebabkan arus pendek.

Arus pendek listrik merupakan salah satu penyebab kerusakan kabel listrik yang dapat berakibat pada kebakaran rumah.

 

3. Menggunakan kabel listrik yang besar

Menggunakan kabel listrik yang besar akan membantu untuk menghindari kerusakan kabel listrik yang disebabkan oleh tikus, kucing ataupun serangga. Dikarenakan kabel listrik yang kecil akan rentan dimakan oleh hewan – hewan. Untuk itu, carilah kabel listrik yang tidak rentan dimakan oleh tikus, seperti federal kabel.

Federal kabel yang berjenis Coaxial memiliki material yang tidak disukai oleh tikus, hal ini akan menjadi keuntungan pada penggunaan kabel yang akan bertahan lama.

 

Baca Juga  Keunggulan Supreme Kabel Fiber Optik untuk High Speed Transmission

4. Mematikan kabel listrik jika tidak digunakan

Mematikan kebal listrik jika tidak digunakan tidak hanya bermanfaat pada tagihan listrik yang lebih hemat, akan tetapi merawat kabel listrik agar tidak mudah rusak dan mampu bertahan lama.

Kabel listrik yang terlalu sering digunakan akan menyebabkan kabel konduktor mudah panas, sehingga dapat menyebabkan peralatan rumah tangga menjadi rusak, serta memicu percikan api pada kabel listrik.

 

5. Menggunakan grounding

Agar penggunaan listrik lebih aman, kalian dapat mengaplikasikan mekanisme grounding pada rumah. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari sengatan listrik pada seseorang akibat sambaran petir atau ketika gardu sedang ada perawatan.

Dengan menggunakan mekanisme grounding, maka aliran listrik akan tetap terjaga dan tidak menyebabkan ledakan pada salah satu saluran listrik di rumah. Hal ini dikarenakan daya besar disalurkan ke dalam tanah.